Rai Mantra – Sudikerta Calon Terbaik Pemimpin Bali


 

Denpasar, suryadewata.com Komposisi Calon Pemimpin terbaik bagi rakyat Bali ke depan ada pada figur Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra,SE, dan Wagub Bali Drs. I Ketut Sudikerta. Kedua figur kuat tersebut memiliki kelebihan dan keistimewaan dalam watak kepribadian dan kepemimpinan masing-masing.

Penilaian tersebut dikemukakan oleh  Kader Golkar yang juga mantan Ketua Banleg DPRD Badung I Wayan Puspa Negara dalam acara komunikasi calon Gubernur/Wakil Gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah(Pilkada) Bali periode 2018 – 2023 di hotel Grand Ina Beach Sanur. Menurutnya, “berbicara masalah “trah” Rai Mantra mempunyai peran penting dalam pembangunan fisik maupun SDM di Bali. Kelebihan lain yaitu tidak meledak – ledak tetapi beliau adalah simbol orang Bali sesungguhnya. Kalau rakyat Bali menginginkan pemimpin yang sesungguhnya maka figur Rai Mantra merepresentasikan Bali secara umum. Dia juga memiliki kharisma khusus karena seorang pemimpin tidak lepas dari kharisma,”ujarnya.

Hal sebaliknya, jelas Puspa Negara yang akan maju lagi pada Pemilihan Legislatif 2019-2024, “Pak Sudikerta  selain meledak-ledak dan memiliki popularitas yang bagus serta elektabilitas yang tinggi. Hasil survey Rai Mantra memiliki elektibilitas bagus sehingga Koalisi Rakyat Bali tinggal memadukan keduanya mau Bali 1 atau Bali 2 tidak masalah, karena kapasitas keduanya tidak diragukan,”ucapnya.

Lebih jauh, “Yang penting adalah bisa membuat kepuasan “ke-Bali-an” orang Bali karena Rai Mantra memiliki konsep Balinya, sedangkam pak Sudikerta memillki konsep “entrepeneur”nya. Keduanya bisa menjaga “ajeg Bali”, dimana, sistemik dan karakter orang Bali merupakan karakter orang timur yang lebih mengedepankan sopan santun, lemah lembut.
Pemimpin yang lemah lembut itu  penting untuk membangun Bali ke depan, karena Bali butuh generasi yang berkarakter demikian,”ungkapnya.

Terhadap komposisi yang menjadikan Ketua DPD Partai Golkar Drs.I Ketut Sudikerta yang merupakan pemegang rekomendasi untuk Calon Gubernur 2018-2023 tetapi oleh KRB dijadikan Cawagub dikatakan, “Golkar adalah partai yang mapan tentu bisa melihat di intern dan extern. Golkar partai yang tidak haus kekuasaan ataupun merebut kekuasaan. Golkar bisa memberi arti kehidupan kepada masyarakat yaitu sejahtera bukan kekuasaan semata, sehingga masalah ini tidak usah diperdebatkan dan melahirkan kekecewaan di kalangan kader partai,” tegasnya.

Golkar memikirkan apa yang menjadi kebutuhan dan kepentingan masyarakat yang diutamakan. Golkar juga memiliki orang – orang yang cerdas di dalamnya sehingga untuk peluang Pilgub ini tetap terbuka sebelum hari “H”nya. Mumpung masih ada waktu, tinggal sekarang bagaimana meramu konsep – konsep untuk menampung keinginan, kebutuhan dan kepentingan masyarakat dalam persepektif cara pandang Bali ke depan yakni konsep yang mampu menjadi teladan kepada generasi muda yang sekarang di “jaman now” dimana konsep ini dibawa oleh Pak Rai Mantra yang berkarakter lemah lembut.

Seperti sekarang tahun 2018 adalah “tahun politik” untuk pariwisata rentan terhadap isu politik dan juga kondisi Gunung Agung. Sekarang bagaimana merencanakan, dan mengkomunikasikan masalah perhelatan politik ini kepada wisatawan. Sebab, pariwisata Bali dari tahun ke tahun untuk perhelatan politik justru menjadi ajang riang gembira juga bagi wisatawan.

Untuk itu, katanya, “Setiap calon hendaknya bisa memikirkan Bali kedepan dan tidak hanya memikirkan stabilitas Bali secara politik dan pariwisata karena generator kehidupan rakyat Bali ada di pariwisata. Pariwisata Bali adalah pariwisata budaya yang bernafas Hindhu yang cerminannya ada di pak Rai Mantra, mewakili masyarakat Bali yang lemah lembut tutur kata dan perangainya.
Itulah cerminya pariwisata Bali yang sesungguhnya kalau pariwisata ingin maju budaya kita harus maju juga,” tegasnya. (yut)

Previous Kapolda Bali Sikat Mafia Tanah Dan Kriminal
Next POLSEK DENPASAR BARAT, RESPON CEPAT AMANKAN PELAKU PEMBAWA SAJAM DAN PENGANIAYAAN VIRAL DI MEDSOS

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *