Koster Memfasilitasi Abrasi Pesisir Gilimanuk Yang Makin Parah Ke Kementrian Terkait


 

Jembrana, suryadewata.com
Sejumlah pesisir pantai di kawasan pesisir Gilimanuk kondisinya mulai memprihatinkan akibat abrasi. Wilayah rawan berada di Lingkungan Jineng Agung. Warga sering mengeluhkan abrasi itu.

Langsung meninjau di lokasi abrasi, Calon Gubernur Bali nomor urut 1 Wayan Koster, merasakan keprihatinan. Didampingi Ketua DPC PDIP Jembrana Made Kembang Hartawan, Koster melihat langsung abrasi telah mengikis sebagian besar kawasan pesisir pintu masuk Pulau Bali itu.

“Kondisinya sudah sangat memprihatinkan sekali. Bahkan ada yang sangat dekat dengan pemukiman penduduk,” ujarnya, Rabu, 21 Maret 2018.

Keselamatan penduduk di sekitar abrasi, menurut Koster, harus menjadi perhatian pemerintah. Senderan penahan abrasi sudah pernah dibangun namun telah rusak.

“Kita tidak boleh mengabaikan keselamatan warga. Justru yang paling penting adalah soal keselamatan jiwa warga di sini,” ungkapnya.

Dia memandang perlu adanya koordinasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten, untuk mendapatkan penyelesaian yang terbaik dengan pertimbangan segala aspek. Baik itu perencanaan berupa kajian teknis, maupun persoalan pendanaan.

Tiga periode duduk di DPR RI, Koster akan memfasilitasi persoalan ini ke Kementerian terkait, untuk segera mendapatkan perhatian dan tindakan dari pemerintah pusat.

“Kita harus pikirkan solusi terbaik. Dari segala aspek harus dipikirkan agar penyelesaiannya tidak setengah-setengah. Pertama bagaimana menyelamatkan kawasan pantai di sini dari abrasi agar kerusakan lingkungan tidak makin parah. Selanjutnya soal kelangsungan hidup masyarakat pesisir di sini. Keduanya harus sejalan bersama,” jelas Koster. (*)

Previous Koster Kunjungi Museum Purbakala Gilimanuk Jadikan Paket Wisata Yang Harus Dipromosikan Kepada Wisatawan.
Next Polres Badung Dikunjungi Bintang Satu, Tim Pamatwil dan Asistensi Tahap II Mabes Polri Operasi Mantap Praja Agung 2018

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *