Koramil 1616-02/Ubud Bersama Subak Uma Desa Gelar Karya Bhakti Pembersihan Saluran Irigasi


SURYADEWATA.COM
Keterpaduan antara TNI dan masyarakat untuk mengatasi kesulitan yang ada semakin nyata dan dapat berjalan dengan baik.

Hal ini terlihat pada pelaksanaan karya bhakti bersama pembersihan saluran irigasi antara Koramil 1616-02/Ubud Kodim 1616/Gianyar dengan Subak Uma Desa Lod Tunduh Ubud, Gianyar, yang dilaksanakan pada Jumat pagi (13/04).

Danramil 1616-02/Ubud, Mayor Arm I Putu Arimbawa yang memimpin karya bhakti tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kebersamaan kita dengan masyarakat untuk dapat saling bahu-membahu menghadapi kesulitan yang ada.

“Hari ini kita bersama Krama Subak Uma Desa Lod Tunduh Ubud melaksanakan pembersihan saluran irigasi yang sangat dibutuhkan dalam mendukung kegiatan pertanian di Subak ini”, ungkap Mayor Putu.

Untuk itu pihaknya dari Koramil 1616-02/Ubud didukung oleh Personel Koramil 1616-06/ Tegalalang dan Kodim 1616/Gianyar serta sebanyak 30 orang Krama Subak Uma Desa Lod Tunduh Ubud turun langsung ke lapangan untuk membersihkan saluran irigasi yang menjadi sarana untuk penyaluran pengairan persawahan bagi Subak Uma Desa.

Sasaran kegiatan Karya bhakti ini antara lain, membersihkan saluran irigasi Subak Uma Desa sepanjang 100 meter dengan mengikis tanah yang mempersempit saluran irigasi dengan menggunakan alat manual seperti cangkul, sabit dan skop, termasuk juga membersihkan sampah-sampah plastik yang ada di sepanjang saluran irigasi.

Sementara itu Pekaseh (Ketua) Subak Uma Desa Lod Tunduh Ubud, I Ketut Puja menyampaikan terima kasihnya bisa bekerja sama dan bergotong royong dengan TNI khususnya Koramil 1616-02/Ubud melaksanakan karya bhakti pembersihan saluran irigasi.

“Bagi kami kegiatan ini sangat membantu dan ini akan memperlancar proses pengolahan pertanian yang sangat bergantung pada air, termasuk saluran irigasi yang harus terjaga dengan baik”, sebut Ketut Puja.

Menurutnya saluran irigasi tersebut digunakan untuk  mengairi sawah sekitar 200 Ha dengan jumlah 8 Sekaa Subak antara lain
Subak Uma Desa, Subak Langon, Subak Dajan Teges, Subak Delod Teges, Subak Dangin Sema,  Subak Dangin Alas, Subak Buda Manis dan  Subak Gunung dengan jumlah warga subak sekitar 500 orang.

Previous Partisipasi Masyarakat Untuk Sumbangkan Dana Kampanye Pasangan Koster-Ace Cukup Tinggi
Next 108 Pengacara Bergabung Dalam Tim Hukum Koster - Ace

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *