Dandim 1611/Badung Wujudkan Manunggal Bersama Membangun Desa Pangsan


Badung, suryadewata.com

Badung-Kodim 1611/Badung merupakan ujung tombak terdepan dalam melaksanakan program TMMD ke-101 di wilayah Korem 163/Wira Satya (Prov. Bali). Kodim 1611/Badung mempunyai 2 (dua) wilayah binaan diantaranya Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.

Markas Kodim 1611/Badung berada di Wilayah Kota Denpasar, sehingga menugaskan Perwira Penghubung (Pabung) untuk melaksanakan tugas-tugas yang tidak dapat diikuti Komandan Kodim di wilayah Kabupaten Badung.

Pelaksanaan TMMD ke-101 dilaksanakan mulai 4 April s.d. 3 Mei 2018 di Desa Pangsan Kecamatan Petang Kabupaten Badung. Kegiatan ini melibatkan 150 orang terdiri dari TNI (AD, AL, AU), Polri, Pemkab.  Badung, dan masyarakat Desa Pangsan.

Ada hal yang menarik dalam TMMD kali ini, dimana pada akhir-akhir pelaksanaan TMMD seperti penambahan waktu dari 21 hari menjadi 30 hari. Biasanya prajurit yang termasuk Satgas TMMD tidurnya di tenda-tenda, balai Banjar/Wantilan, namun sekarang tinggal di rumah-rumah penduduk setempat.

Diharapkan dengan tinggal di rumah penduduk, prajurit mengenal lingkungan setempat dari adat istiadat, kehidupan masyarakat, tingkat pengetahuan tentang TNI. Hal ini diwujudkan pada saat jam istirahat, dan makan bersama.

Apa yang pernah disampaikan oleh Perbekel Desa Pangsan Nyoman Rai Tri Sukarya, bahwa masyarakat sudah mulai memahami ABRI/TNI. ” TNI sekarang sudah menyatu dengan masyarakat, dulu banyak yang takut sama TNI, tapi sekarang sudah lain seperti kerja bersama-sama, makan bersama, bahkan membantu petani dengan program UPSUSnya,” jelasnya.

Dandim 1611/Badung Letkol Inf Handoko Yudho Wibowo, S.E. mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung dan jajarannya atas dukungan mulai dari Pra TMMD sampai saat ini, termasuk masyarakat Desa Pangsan yang tanahnya kena pelebaran jalan memberikan tanahnya dengan tulus (tidak ada ganti rugi) termasuk kehadiran pada saat kegiatan non fisik yang dilaksanakan di Balai Banjar yang ada di Desa Pangsan, Selasa (17/4).

Previous Ciptakan Situasi Kondusif, Polres Badung Terus Sisir Warung Penjual Miras
Next Koster Siap Perjuangkan Pembangunan Infrastruktur Jalan Tol Denpasar-Gilimanuk.

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *