Pasis Dikreg LVI Seskoad Kunjungi Kodam IX/Udayana


SURYADEWATA.COM
Hari ini Senin (23/4) Perwira Siswa Dikreg LVI Seskoad mengunjungi Kodam IX/Udayana, diterima oleh Irdam IX/Udayana, Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Sri Gede, mewakili Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P di Ruang Sthana Yudha Makodam IX/Udayana.

Rombongan Perwira Siswa tiba di Makodam IX/Udayana pada pukul 09.50 wita dipimpin oleh Kolonel Czi Ferri Istiawan disambut oleh  para pejabat Kodam IX/Udayana dan didaulat untuk memasuki ruang Sthana Yudha untuk mengikuti acara selanjutnya.

Pada kesempatan tersebut Irdam IX/Udayana membacakan sambutan Pangdam IX/Udayana menyampaikan ucapan selamat datang kepada segenap rombongan KKLDN Pasis Dikreg LVI Seskoad TA 2018 dan  memperkenalkan para pejabat yang mendampinginya.

Selanjutnya Irdam menyampaikan bahwa wilayah Kodam IX/Udayana yang terdiri dari tiga Korem, yaitu Korem 161/Wira Sakti yang wilayahnya meliputi Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Korem 162/Wira Bhakti wilayahnya meliputi Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Korem 163/Wira Satya wilayahnya meliputi Provinsi Bali.

Ketiga provinsi tersebut memiliki karakteristik budaya dan adat istiadat yang berbeda. Provinsi NTT masyarakatnya mayoritas beragama Kristen, NTB mayoritas beragama Islam sedangkan Bali mayoritas beragama Hindu. Dengan adanya keanekaragaman budaya dan adat istiadat yang berbeda maka wilayah Kodam IX/Udayana dapat dikatakan sebagai miniaturnya Indonesia. Disamping itu Kodam IX/Udayana wilayah daratnya berbatasan langsung dengan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) dan memiliki empat pulau terluar antara lain Pulau Batek, Pulau Mengudu, Pulau Dana Sabu dan Pulau Dana Rote.

Dengan kondisi tersebut maka jelas memerlukan perhatian dan pengamanan secara terencana dan efektif. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya pelanggaran perbatasan maupun pengakuan negara lain atas pulau terluar yang ada di wilayah Kodam IX/Udayana sehingga kedaulatan NKRI tetap terjaga.

Demikian juga dengan wilayah Bali dan Nusa Tenggara saat ini telah menjadi salah satu tujuan wisata utama di tanah air, baik wisatawan manca negara maupun wisata domestik, karena itu  stabilitas dan keamanan wilayah Balii dan Nusa Tenggara sangat penting untuk dijaga dan bahkan  wilayah Balii menjadi barometer untuk menilai stabilitas dan keamanan di Indonesia.

Untuk mengantisipasi kemungkinan ancaman yang mungkin bisa terjadi diperlukan adanya sinergitas TNI-Polri, terlebih saat ini merupakan tahun politik pelaksanaan pilkada serentak sehingga stabilitas keamanan harus tetap terjaga dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Sementara itu pimpinan rombongan Kolonel Czi Ferri Istiawan kepada Pangdam IX/Udayana beserta Staf atas penerimaannya dan telah memberikan dukungan serta mempasilitasi kegiatan KKLDN Perwira Siswa Dikreg LVI Seskoad ini dengan harapan nantinya dapat berjalan dengan lancar. Adapun tujuan kegiatan KKLDN ini adalah untuk menambah wawasan
para Perwira siswa khususnya tentang program dan pelaksanaan pembinaan teritorial yang dilaksanakan di satuan kewilayahan jajaran Kodam IX/Udayana, yang nantinya dijadikan bahan kajian dan disusun sebagaii sumbangsih para Perwira Siswa dalam pengembangan pembinaan teritorial.

Hadir dalam kesempatan tersebut para pejabat Kodam IX/Udayana antara lain Aster Kasdam IX//Udayana, para perwira Ahli, LO-AL, LO-AU dan para perwira perwakilah Balak Kodam IX/Udayana. Kunjungan diakhirii dengan penyerahan cindramata dan foto bersama. (Pendam IX/Udayana)

Previous Sebagai Pembina Upacara, Ini Yang Disampaikan Kanit Lakalantas Polres Badung
Next Koster Dapat Julukan Sebagai Pemimpin Pembangunan Desa di Bali

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *