BELUM ADA KEJELASAN GALIAN C, PAD KARANGASEM TURUN TAJAM


SURYADEWATA.COM
Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bali Bidang Hukum dan Pemerintahan I Nyoman Oka Antara menyoroti pengelolaan galian C yang belum mendapatkan kejelasan.

Padahal sudah diterbitkan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Pertambangan Mineral Bukan Logam Dan Batuan.
“Saya betul-betul menyayangkan hal ini terjadi, Pendapatan Asli Daerah (PAD) sangat merosot tajam dalam beberapa tahun terahir,” kata Oka Antara di Denpasar, Sabtu (21/4).

Menurutnya, setelah Perda dikeluarkan seharusnya Pemerintah Kabupaten Karangasem sigap merespon dalam Peraturan Bupati (Perbub).
Namun hingga saat ini belum ada kejelasan, penambangan secara liar (ilegal) tetap saja terjadi karena pembangunan yang membutuhkan pasir tetap berjalan.

“Justru dapat memperparah kerusakan lingkungan dan dampak lainnya seperti rusak jalan raya,” ujarnya.

Sedangkan pengusaha yang berniat mengurusnya juga tidak ada rekomendasi dari kabupaten.
Untuk itu, kinerja pemerintah Kabupaten Karangasem lamban belum mencerminkan pelayanan yang prima.

Selain itu, pihaknya menyayangkan aktivitas galian C Karangasem belum dilakukan reklamasi (pemulihan lahan) setelah ditambang.

“Saya tidak habis pikir, uang dana reklamasi yang sempat dikumpulkan pemerintah justru dikembalikan karena anggaran diperkirakan kurang,” ungkapnya.
Sepatutnya itu menjadi tanggungjawab pemerintah atas kerusakan galian C Karangasem.

Apabila dana reklamasi tidak cukup, seharusnya dilakukan pengkajian ulang, bukannya dikembalikan dan tidak ada solusi yang tepat.

Aktifitas tersebut kini meninggalkan kubangan-kubangan besar yang memicu bencana alam berupa tanah longsor, banjir dan mengacam sumber-sumber mata air. (*)

Previous SMP DWIJENDRA DENPASAR SIAP IKUTI UNKP
Next Koster - Ace Sampaikan Visi Misi dan Program Kerja Ribuan Warga Desa Guliang Kawan Bangli Beri Aplaus

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *