Kemenlu dan Kemenkeu Bahas Efisiensi Tata Kelola Anggaran Perwakilan RI


Paris, suryadewata.com 25/04/2018 Kemenkeu – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan masukan mengenai pengelolaan administrasi dan keuangan dalam kaitannya dengan tugas dan fungsi Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) sebagai institusi yang membina diplomasi ekonomi, memberi perlindungan WNI, memelihara kedaulatan dan kewilayahan, serta meningkatkan citra Indonesia di mata dunia. Kegiatan diskusi keduanya dilakukan di KBRI Paris pada Senin (23/04).

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) diwakili oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono, Direktur Pelaksanaan Anggaran Didyk Choiroel dan Direktur Pengelolaan Kas Negara Rudy Widodo memberikan pemaparan terkait pengelolaan anggaran.

Dikutip dari situs Kemenlu, terkait keuangan, masih banyak proses perbankan setempat yang kurang efisien, seperti lamanya proses transfer atau biaya yang besar dan sistem bank yang berbeda walaupun sesama di Eropa. Sistem bank yang berbeda sering menyulitkan Pusat untuk memantau anggaran Perwakilan yang tersebar. Untuk tata kelola ini, Dirjen Perbendaharaan menyampaikan peran penting adanya suatu sistem keuangan yang efisien, sehingga pemanfaatan anggaran dapat berlangsung lancar sesuai perencanaan.

Untuk membantu Kemenlu dan Perwakilan RI, Kemenkeu akan mengupayakan proses penyaluran anggaran yang lebih simpel, cepat, dan real-time, namun tetap prudent dan akuntabel.

Previous Mery Bebas, Langsung Ambil Anaknya, Besok Pulang ke Sumba
Next Dialog Interaktif Hai Bali Kenken, Danrem 163/Wira Satya ; Pilkada Damai Harapan Kita Semua

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *