Masyarakat sebagai Komponen Cadangan dalam Pertahanan Negara


Badung. suryadewata.com
Kodim 1611/Badung bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Badung khususnya bidang Perlindungan Masyarakat Jumat, (27/4) melaksanakan penyuluhan di wantilan Desa Pangsan Kec. Petang Kabupaten Badung, dalam rangka kegiatan Non fisik TMMD ke-101.

A.A. Ngurah Sukadana, Sp. Msi selaku Kabid Linmas  Pol.PP Kab.Badung menerangkan, “Satuan Perlindungan masyarakat atau yang lebih di kenal dengan Linmas yang (Perlindungan Masyarakat) telah mengalami distorsi pengertian sehingga terjebak dalam anggapan umum yang hanya mengaitkan dengan sebuah fungsi dalam masyarakat yaitu fungsi linmas atau lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil atau Hansip.

Lebih lanjut dijelaskan A.A. Ngurah, Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat maupun kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Menerangkan Pertahanan Sipil (Hansip) ternyata memiliki perjalanan panjang. Awal dibentuknya organisasi Hansip ini dimulai sejak pemerintahan Hindia Belanda untuk menghadapi serangan dari Jepang. Tambah Agung

Pemerintah Belanda membentuk suatu organisasi yang bertugas untuk melindungi masyarakat dari serangan udara musuh. Waktu itu dikenal dengan LBD (Lucht Bescherming Dients) atau Perlindungan Pemecah Udara.
Drs. I Nyoman Suendi selaku Kakesbangpol Kab.Badung menambahkan, saat ini kita memasuki tahun politik di mana hak kita sebagai warga negara akan di tentukan pada beberapa bulan ke depan yaitu Pemilihan Gubernur maupun wakil gubernur.dengan harapan mari kita laksanakan kegiatan Poltik dengan santun jangan membuat benturan yang menciptakan rasa kenyamanan kita terusik.

Perbekel Desa Pangsan I Nyoman Raka Tri Sukarya Menegaskan kepada warganya kita selaku masyarakat Pangsan Kususnya Banjar Sekar Mukti – Pundung seharusnya mengucapkan terima kasih banyak kepada Kodim 1611/Badung  yang telah banyak memberikan ruang tentang tambahan wawasan  melalui kegiatan penyuluhan  yang merupakan rangkaian kegiatan non fisik dari TMMD ke-101 selanjutnya  berpesan kepada Komandan Kodim 1611/Badung kegiatan penyuluhan ini agar di laksanakan secara rutin sehingga kami warga desa Pangsan dapat menambah wawasan kami yang dapat kami aplikasikan di kehidupan kami sehari-hari.

Previous Diterjang Timah Panas, Suyanto Tak Berkutik Polres Badung Bekuk Residivis “ Risidivis Curat 5 Kali Masuk Bui”
Next YOGA: Antara Filosofi dan Gaya Hidup

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *