Universitas Warmadewa Gelar Wisuda


Denpasar, suryadewata.com
Sebanyak 734 wisudawan dari berbagai fakultas yang ada di Universitas Warmadewa diwisuda hari ini, Sabtu (28/4/2018). Upacara inagurasi sarjana baru dilaksanakan di kampus setempat oleh Rektor Prof dr Dewa Putu Widjana, DAP&E.Sp.PARK Sukses Unwar ini menurut Rektor Dewa Widjana, tidak terlepas dari dukungan berbagai stakeholder seperti orang tua, dosen, penyedia beasiswa, pegawai dan lainnya.
“Kepada mereka, ijinkan saya atas nama institusi untuk menyampaikan salam hormat dan sekaligus terimakasih yang sebesar-besarnya,”ucapnya.

Disebutkan Rektor Unwar, “dalam era industrial revolution 4.0 dan globalisasi, kemampuan berinovasi menjadi sangat penting apabila kita tidak ingin kalah dalam persaingan. Dalam kontek ini almamater juga harus terus menjalin kontak dengan wisudawannya serta berusaha memberikan kontribusi yang bermakna dalam rangka menyempurnakan kapasitas para lulusannya,”jelasnya.

Terkait perkembangan Unwar, Prof. Dewa Putu Widjana mengatakan,”selaku pimpinan universitas saya terus berupaya memperbaiki tata kelola institusi dengan makin menyempurnakan implementasi dari good university governance (GUG). Sistem informasi Mamajemen Terpadu (SIM-T) terus kita sempurnakan. Hingga saat ini ada beberapa bentuk pelayanan dalam SIM-T telah di-online-kan, sehingga pelayanan kepada stakeholder makin dipermudah dan dipercepat,”bebernya
Beberapa jenis pelayanan yang bisa diakses secara online meliputi : (1).Registrasi, (2).Jadwal Pembelajaran, (3).Kartu Rencana Studi, (4).Absensi Mahasiswa,(5).Kartu Hasil Studi, (6).Transkrip Akademik, (7).Pendaftaran Wisuda, (8).Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru,(9).Pengimputan Nilai Ujian Semester, dan (10).Migrasi Data Pelaporan semester dari SIM-T ke PD-DIKTI.

“Sedangkan menyangkut pembelajaran, yaitu pada masing-masing program studi telah menerapkan Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) yang mengacu kepada SNDIKTI (Standar Nasional Pendidikan Tinggi) yang mempunyai kualifikasi lulusan sesuai dengan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), tentu dengan penerapan metode pembelajaran berbasis SCL (Student Centered Learning). Dimana masing-masing program studi telah mempunyai capaian lulusan (CP) yang terangkum dalam profil lulusan,”terangnya.

Ditambahkan,”untuk menjaga berjalannya  proses pembelajaran dengan baik, maka setiap semester dilaksanakan monitoring dan evaluasi dibawah koordinasi Badan Penjamin Mutu (BPM) sebagai wujud berjalannya Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) yang dilaksanakan secara berjenjang dan berkelanjutan sesuai dengan standar Universitas Warmadewa,”ungkap Dewa Widjana pula.

Dalam mendukung implementasi kurikulum tersebut telah disediakan sumber belajar sebagai bahan kajian pembelajaran yang tersedia di perpustakaan dalam bentuk E-Library (E-Book, E-Journal, dan E-Repository) yang bisa diakses secara online. Selain itu, perpustakaan juga menyediakan literature dalam bentuk texbooks yang dikelola dengan sistem SLIM.
“Guna mendukung pelayanan yang berbasis IT ini maka Unwar telah meningkatkan kapasitas Bandwith internet dari 120 Mbpps menjadi 190  Mbpps yang dapat dimanfaatkan oleh semua sivitas akademika,”jelasnya.
Sedangkan bidang penelitian telah dilaporkan ke SIM-LITABMAS Kemenristek Dikti selama kurun waktu 2017 ada 160 penelitian yang terdiri dari : penelitian institusi 123, penelitian dengan biaya sendiri di luar Dikti dan penelitian dengan instansi swasta.
Adapun pengabdian kepada masyarakat ada 47 kegiatan dengan total dana mencapai Rp 1,9 miliar lebih. Sedangkan dalam kegiatan kemanusiaan, Unwar telah melaksanakan KKN Kebencanaan di Karangasem dalam tanggap darurat bencana Gunung Agung.

Wisuda ini dihadiri oleh : Ketua Kopertis Wilayah VIII Bali/Nusra Prof Nengah Dasi Astawa, Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. AA. Gede Oka Wisnumurti, M.Si, Ketua Dewan Pembina Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Drs. I Nyoman Yasa, M. Si, para dosen dan orang tua/wali wisudawan serta undangan lainnya.

Previous Debat Kandidat Pilgub Bali Tokoh Puri Satria Denpasar Nyatakan Dukung Koster - Ace
Next Koster - Ace Hadiri Debat Kandidat Pilgub Bali Tanpa Persiapan Khusus

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *