DPKP Bangli Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan


Caption : Sebelah kiri Wayan Sukatana

Bangli, suryadewata.com
Memperingati HUT Kota Bangli ke 814 tanggal 10/05/2018,  DPKP (  Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan  ) menyelenggarakan kegiatan gerakan mengajak masyarakat gemar makan ikan dengan tema GEMARIKAN – Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan.

Wayan Sukatana Kadis DPKP Bangli menjelaskan kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT Kota Bangli yang pertama perlombaan lomba penjor dengan memasang penjor dan ke 2 gerakan memasyarakatkan gemar makan ikan yang berjalan tiga tahun sesuai dengan visi misi dinas DPKP, Kementrian dan sinergitas Pemda meningkatkan SDM ( Sumbar Daya Manusia ) .

Peningkatan SDM dimulai dari proses Ibu mengandung bayi sudah diberikan asupan gizi ataupun protein dengan makan ikan  karna ikan banyak menganding protein untuk pertumbuhan anak natinya akan lahir anak- anak yang cerdas.

Tujuan yang lain di Bangli ada danau Batur yang menghasilkan ikan dalam jumlah besar sedang konsumsi ikan dimasyarakat   rendah dan produksi ikan cukup besar. Konsumsi ikan Nasional rata rata 43 kg /kapita pertahunya sedang masyarakat Bangli baru mengkonsimsi ikan 30,23 kg / kapita pertahunya.

Ini yang akan kita kejar dan sosialisasikan dalam bentuk program seremonial gebyar gemar makan ikan bersinergi dengan kelompok-kelompk tani, sosialsiasi ke sekolah- sekolah , bidang ketahanan pangan bagaimanan mengelola tanaman perkebunan dalam bentuk tumpang sari di halaman termasuk memelihara ikan.

Kegiatan ini menargetkan 1600 orang yang melibatkan kepala sekolah dan tim teknisnya melibatkan anak sekolah dan masyarakat , kelompok pembudidaya ikan termasuk UPD suami istri karena dimulai dari rumah tangga lanjut sekolah dan guru dengan jalan dilombakan agar ada motivasi.

Melalui perlomabaan akan ada inovasi perubahan seperti dulu tidak ada kolam sekarang sudah banyak ada walaupun tipenya kecil apalagi dilombakan kolam itu wajib.

Sekarang di Bangli ada SMK Perikanan  di desa Songan kita bekerjasama dimana kita berikan bibit ikan sekolah yang mengelola

Bangli oemasok suplai ikan Di Bali dari hulu kelompok budi daya ikan di danau Batur, ke hilir harus disinergikan dari segi harga relatif murah dan terjangkau sekarang ikan nila dibarga Rp.27.000 per/kg.

Sekarang ini ada penataan danau Batur sebagai pendukung budi daya ikan dan pariwisata. Kedepanya lebih banyak kegiatan di hilir karna banyak pengolah ikan yang mengolah ikan seperti pepes mujair , nyatnyat mujair sudah berkembang yang bahan bakunya dari Bangli kenapa kita tidak kembangkan ……ucapnya

Ikan dari air danau rasanya lebih gurih beda dengan ikan asal dari sawah dari segi rasa. Ikan asal dari sawah ada bau lumpur mungkin karena pengaruh unsur tanah dan juga jangka waktu simpanya kurang lama.

Dukungan dari Pemerintah Provinsi beberapa program yang cocok dengan potensi Bangli selalu didukung , untuk acara hari ini Kadis Perikanan dan Kabid Perikanan akan hadir dan juga ANSI ( Asosiasi Nelayan Seluruh Indonesia ) yang sering bersosialisasi menjaga konsep Tri Hita Karana menjaga alam karna kita sudah mengambil dari alam.

Untuk menjaga kelestarian dan kebersihan danau Batur diadakan program bersih – bersih dari sampah bersinergi dengan pertanian organik. Setahun 3 kali kami laksanakan penebaran bibit ikan di danau batur dan kolam – kolam yang ada disemua kecamatan

Hari ini dipastikan hadir 1600 partisipasi dari unsur sekolah, SKPD, ABRI yang ikut program tanam dan panen  – pengendalian penyakit rabies terutama vaksinasi hari ini kami ajak bersama sama untuk memeriahkan HUT Bangli juga kelompok petani ikan hias sambil pameran promosi tanggal 7/05

Kedepan tiap tahunya program ini akan berlanjut baik itu diangfarkan ataupun tidak karna karna program ini secara umum untuk mencerdaskan bangsa ……tegas  Wayan Sukatana.

Previous Kabupaten Klungkung Tingkatkan Kwalitas dan Pelayanan Kesehatan Masyarakat.
Next Kampanye Terbuka Koster - Ace di Kabupaten Paling Ujung Utara Pulau Bali Selalu Dipadati Ribuan Massa.

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *