Tim Pusterad Sosialisakan Petunjuk Teknis Kerjasama Dengan Komponen Bangsa.


SURYADEWATA.COM – Tim Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) melakukan sosialisasi petunjuk teknis tentang kerjasama dengan komponen bangsa lainnya dan instansi vertikal, Senin (04/18) bertempat di Aula Makorem 163/Wira Satya.

Sosialisasi tersebut diketuai oleh Direktur Pembinaan Sistem Dan Metode (Dirbinsismet) Puterad Kolonel Inf Veri Sudijanto Sudin, S.I.P., yang sekaligus membacakan sambutan Danpusterad Mayjen TNI Hartomo.

Dalam sambutan Danpusterad menyampaikan latar belakang pelaksanaan sosialisasi petunjuk teknis dan asistensi ke satuan komando kewilayahan di jajaran TNI AD antara lain, karena Pusterad adalah Badan Pelaksana Pusat di tingkat Mabesad yang berkedudukan langsung di bawah Kasad memiliki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan fungsi teknis teritorial di lingkungan TNI AD.

Kemudian beberapa petunjuk teknis terkait kerjasama dengan komponen bangsa lainnya dan instansi vertikal juga sudah disahkan melalui keputusan Kasad maka tindak lanjutnya harus diimplementasikan.

Sementara itu maksud dan tujuan petunjuk teknis tersebut disusun adalah untuk memberikan gambaran tentang langkah-langkah dan tindakan yang harus dilaksanakan serta dapat memberikan pedoman dalam melaksanakan kerjasama dengan komponen bangsa lainnya dan instansi vertikal di daerah.

Kegiatan sosialisasi ini juga dilaksanakan dalam rangka mengumpulkan data dan bahan terkait kondisi nyata yang ada di satuan komando kewilayahan yang nantinya akan dijadikan bahan analisa bagi komando atas untuk menentukan kebijakan terkait pembinaan satuan dan pembinaan teritorial.

Pantauan di tempat kegiatan, sosialisasi petunjuk teknis tersebut diikuti oleh Kepala Staf Korem 163/Wira Satya, seluruh Dandim Jajaran, Pejabat Perwira Seksi Teritorial Kodim Jajaran serta semua Bintara yang bertugas di Staf Teritorial.

Ada dua materi sosialisasi yang diberikan kepada peserta antara lain petunjuk teknis tentang kerjasama dengan komponen bangsa lainnya oleh Mayor Arh Sugeng Arjadi, yang memaparkan tentang kerjasama dengan komponen bangsa lainnya seperti dengan Pemerintah Daerah, Kepolisian, BPBD, BNPT, Kementerian Pertanian dan beberapa instansi lainnya.

Materi kerjasama dengan instansi vertikal disampaikan oleh Mayor Czi (Kowad) Windi Ismail, S.T., M.M., yang memaparkan kerjasama antara satuan TNI AD dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemerintahan, instansi seperti kementerian agama dan beberapa yang lainnya.

Semua bentuk kerjasama yang dilaksanakan adalah dalam rangka untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat yang semua bermuara pada terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui pembinaan teritorial.

Hari ini (05/06) Tim Puterad melanjutkan kegiatan sosialisasi dan asistensi di Kodim 1619/Tabanan.

Previous Bhakti Religi Polsek Petang,Berbaur Dengan Masyarakat Bukti Bersatunya Polri dan Masyarakat
Next Polres Badung Siap Menuju WBK,Canangkan Zona Integritas

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *