Kodim 1609/Buleleng Kembali Rekrut anggota SWK Bina Generasi Muda


Buleleng, suryadewata.com
Melalui wadah organisasi kepramukaan Saka Wira Kartika (SWK) para generasi muda khususnya pelajar  tingkat SLTA dibina agar mampu mandiri, berdisiplin dan memiliki karakter kebangsaan yang kuat.

“Pada program pembinaan tahun ini, Kodim 1609/Buleleng kembali melakukan perekrutan anggota Saka Wira Kartika (SWK) yang masing-masing kecamatan atau ranting sejumlah 20 orang”, ungkap  Pasiter Kodim  1609/Buleleng Kapten Inf I Gede Oka, di sela-sela  serangkaian kegiatan pada Minggu (17/06) di Monumen Tri Yudha Sakti, Desa Sangket Kecamatan Sukasada.

Menurutnya kegiatan perekrutan dikoordinir pihaknya diawali  dengan melaksanakan gerak jalan sejauh lebih kurang 4 Kilometer dengan titik start di Pura Buana Kerta Desa Panji Kecamatan Buleleng dan finish di Monumen Tri Yudha Sakti  Desa Sangket.

Selama gerak jalan berlangsung, para peserta juga melewati beberapa pos dan dikenalkan beberapa materi atau krida yang ada dalam SWK seperti mounteneering, navigasi darat, pioneer, survival dan teknik penangulangan bencana.

Setelah seluruh tim mencapai finish di Monumen Tri Yudha Sakti Desa Sangket,  peserta melanjutkan kegiatan outbond dengan materi  Buoldozer, Bola Lari, Holahop, Permadani Terbang dan Tongkat Estapet.

Materi ini bertujuan untuk melatih kerjasama tim dan kebersamaan dalam mengatasi suatu permasalahan.

Sebagai acara penutup, seluruh tim kemudian dikukuhkan secara resmi menjadi anggota SWK Kodim 1609/Buleleng melalui upacara pengukuhan yang dipimpin Kasdim 1609/Buleleng Mayor Kav I Nyoman Arya Jayantara bertindak selaku Pembina Upacara.

Dalam sambutannya, Kasdim Buleleng mengucapkan selamat kepada seluruh peserta karena telah dikukuhkan sebagai anggota SWK Kodim 1609/Buleleng dan berharap agar materi-materi yang telah diterima bisa dipelajari dan dilatih kembali secara rutin di ranting atau kecamatan masing-masing sehingga keberadaan anggota SWK  bisa menjadi motivator bagi pemuda dan pemudi dalam mendukung program kemasyarakatan di wilayah Buleleng.

Previous Polres Bangli Optimalkan Pengamanan Kunjungan Objek Wisata Pasca Hari Raya Idul Fitri Meningkat
Next Hari Bhayangkara ke 72 Polres Badung Laksanakan Anjagsana di Panti Asuhan Benih Harapan

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *