Danrem 163 Wira Satya ; Wawasan Kebangsaan Penting Bagi Komponen Bangsa


SURYADEWATA.COM
Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh Albertus Magnus Suharyadi, S.I.P., M.Si., mengatakan bahwa wawasan kebangsaan atau Wasbang sangat penting bagi komponen bangsa karena merupakan bentuk pengokohan eksistensi sebagai bangsa yang kuat, bersatu dan berdaya saing serta terjaganya sejarah dan kecintaan terhadap tanah air.

Demikian sambutan Danrem 163/Wira Satya yang dibacakan oleh Kasi Intel Letkol Chb Dayat Dwi Ariyanto, S.sos., saat pelaksanaan Kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Korem 163/Wira Satya, Jumat (29/06) bertempat di Gedung Aula Wira Satya, Makorem setempat.

Menurut Danrem perlunya kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan bagi komponen bangsa dilatarbelakangi beberapa kondisi antara lain, fenomena bahwa kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Indonesia secara alamiah mengalami suatu pergeseran atau perubahan yang signifikan dari semua sendi kehidupan. Kemudian heteroginitas dan keragaman Bangsa Indonesia merupakan suatu keniscayaan yang diciptakan Tuhan Yang Maha Esa, akan tetapi ketidakmampuan untuk mengelola telah mengakibatkan terjadinya berbagai gejolak atau konflik yang membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal lainnya adalah terkikisnya nilai-nilai religius dari akar budaya bangsa, sehingga banyak orang ingin serba instan, tidak sabar, pragmatis, materialistis, individualistis sampai pada tingkat krisis kemanusiaan yang berbahaya serta berkembangnya sikap primordialisme sempit, kesukuan, kedaerahan dan diskriminasi yang berlatar belakang suku, agama, ras dan antar golongan atau SARA.

Danrem berharap tujuan dari kegiatan ini akan tercapai yaitu dalam memberikan pemahaman kepada seluruh komponen bangsa bahwa NKRI memiliki ciri khas kebhinnekaan yang berdasarkan Pancasila serta menyatukan tekad untuk meneguhkan komitmen satu bangsa, satu tanah air dan satu bahasa Indonesia yang bermuara pada terbentuknya rasa nasionalisme yang pantang menyerah dan siap membela Negara dan Bangsa Indonesia.

Seperti dilaporkan oleh Koordinator Panitia Penyelenggara Mayor Inf I Made Mustika, kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan ini diikuti sebanyak 100 orang peserta yang terdiri dari unsur Kepala Desa, Lurah, FKPPI dan generasi muda Pramuka yang tergabung dalam Saka Wira Kartika (SWK) binaan Korem 163/Wira Satya dan Kodim Jajaran yang tersebar di Kabupaten/Kota se Bali.

Para peserta mendapatkan materi pembekalan dari beberapa pemateri yang hadir antara lain tentang Narkoba dan Seks Bebas oleh Karumkit Singaraja dr. Rini Indah, Sp., Kj.. Materi tentang 4 Konsensus Kehidupan Berbangsa dan Bernegara oleh Kepala Bidang Pembinaan Ideologi Dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Provinsi Bali Drs. Anak Agung Ngurah Suweda, M.Si.

Sementara itu dua pemateri dari Korem 163/Wira Satya yaitu Kasi Intel Korem 163/Wira Satya Letkol Chb Dayat Dwi Ariyanto menyampaikan materi tentang Bhinneka Tunggal Ika dan pemateri terakhir Mayor Inf Ida Bagus Putu Swatama membawakan topik radikalisme dan terorisme.

Peserta begitu antusias menyimak materi-materi yang disajikan dengan adanya beberapa respon yang disampaikan baik dalam bentuk saran maupun pertanyaan utamanya dari kelompok generasi muda pelajar Pramuka yang mengatakan sangat senang diundang pihak Korem terlebih pada sesi terakhir setelah pembekaln materi ada game lapangan, PBB dan juga yel-yel penyemangat.

Andreyana seorang mahasiswa yang tergabung dalam Saka Wira Kartika binaan Kodim 1611/Badung berharap kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan berkelanjutan. Apa yang didapat hari ini akan disampaikan kepada rekan dan teman-teman di lingkungannya.

Previous FAST BOAT PACHA ALAMI MATI MESIN, 10 PENUMPANG SELAMAT
Next Pra TMMD Ke 102 Kodim 1617/Jembrana Sasaran Awal Pembangunan MCK

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *