Simantri Bali Mandara Bersama Karangasem Akan Sinergi Hasilkan Teknologi Pupuk Oragnik Plus Inokulum Mikroba


Karangasem, suryadewata.com
Sistem Manajemen Pertanian Terintegrasi (Simantri) Bali Mandara Bali bersama Pemerintah Kabupaten Karangasem bersinergi dalam menghasilkan teknologi pembuatan pupuk organik plus inokulum mikroba.

“Pupuk ini  mampu mempercepat pembungaan sehingga tanaman akan berbuah sepanjang tahun tidak mengenal musim,” kata Kepala UPT Simantri Bali Mandara I Wayan Sunada di Karangasem, Minggu (8/7).

Hal itu disampaikan ketika Koordinasi UPT Pertanian Terintegrasi Pemerintahan Kabupaten Karangasem diterima di rumah jabatan Wakil Bupati (Wabup) Karangasem I Wayan Artha Dipa.

Pada kesempatan itu, hadir pula Kadis Pertanian Karangasem serta kelompok ahli peneliti.

Ia mengatakan, inokulum mikroba tersebut akan diperoleh dari para kelompok ahli peneliti.

Inokulum mikroba juga dapat digunakan sebagai zat pengatur tumbuh untuk mempercepat proses pertumbuhan tanaman dengan cara perbanyakan melalui stek, yang nantinya dihasilkan tanaman yang sama dengan induknya.

Dan inokulum mikroba ini dapat membuat tanaman lebih kuat terhadap serangan penyakit.

Pada kesempatan itu, inokulum mikroba dicoba pada tanaman durian yang sulit berbuah serta dilakukan perbanyakan tanaman duren melalui stek yg sudah diberikan inokulum mikroba.

“Tanaman duren yang sulit berbuah ini akan cepat berbunga,” ungkapnya.

Sementara itu, Wabup Karangasem Artha Dipa mengharapkan, adanya teknokogi yang menggunakan inokulum mikroba dapat menjawab tantangan dari masyarakat dalam hal pengendalian penyakit tanaman.

Oleh karena, kenyataannya dilapangan banyak masalah yang dihadapi dipetani seperti misalnya tanaman mente yg terserang jamur akar putih, kakao dan jeruk yang sering terkena penyakit.

“Semoga teknologi inokulum mikroba ini bisa segera diimplementasikan kepada masyarakat pertanian khususnya di Kabupaten Karangasem,” harapnya.

Dengan hal tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan petani sehingga jurang si kaya dengan si miskin. (ART)

Previous IWAPI Gianyar Gelar Bali Moms and Kids Festival di Level 21 Mall Isi Liburan Sekolah Sambil Promosikan Produk UKM
Next PT. Kurnia Mitra Duta Sentosa bersama UD. Prima Jaya Selenggarkan Monin Cup 2018 di Bali.

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *