Astina Wakili Kota Denpasar Denpasar Lomba Keluarga Sukinah


Denpasar , suryadewata.com  Kepala Keluarga (KK) Dr. Drs I Nyoman Gde Astina M.Pd., CHT.CHA mewakili Kota Denpasar lomba Pemilihan Keluarga Sukinah yang diselenggarakan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Bali.

Kegiatan tersebut mengusung tema “Melalui Pemilihan Keluarga Sukinah Tingkatkan Berkah (Belajar Rahasia Nikah) Menuju Keluarga Hindu yang Bahagia, Sejahtera dan Harmonis” yang diikuti kabupaten/kota se-Bali.

Pemenang lomba akan mendapatkan kehormatan mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Istana Negara Jakarta pada tanggal 17 Agustus mendatang.

“Kita mendatangi tokoh-tokoh masyarakat yang mampu membangun keluarga yang bahagia dan sejahtera,” kata Kanwil Kemenag Bali I Nyoman Lastra di Denpasar, Kamis (13/7).

Keluarga bersangkutan juga mampu memberikan dampak positif terhadap lingkungan, bangsa dan negara.

Menurutnya, acara itu sebagai bentuk upaya menjaga keutuhan keluarga agar tetap rukun dengan penuh kebersamaan.

Oleh karena, masih ada rumah tangga di Indonesia mengalami keretakan dan tidak terjalin hubungan yang harmonis ditandai dengan perceraian.

“Peristiwa ini patut kita hindari, sehingga anak-anak dari keluarga bersangkutan tidak terlantar, mengingat masa depan bangsa dan negara tergantung pada nasib generasi muda,” ungkapnya.

Selain itu, ajang tersebut mencegah adanya perdagangan manusia (human trafficking).

Sementara itu, Gde Astina yang juga Pendidik Pariwisata menambahkan, ajang tersebut memberikan sebuah kesempatan ikut dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) menuju generasi emas Indonesia 2045.

“Kami berupaya dengan penuh pengorbanan menjaga keluarga agar tetap rukun, saling menghargai perbedaan dan saling melengkapi kekuarangan,” ungkapnya.

Keberhasilan itu tidak terlepas dari pengetahuan Hindu yang diperoleh dari pendidikan maupun suri tauladan orang tuannya.

Serta mendapatkan dukungan penuh dari semua keluarga besar yang kini sudah menjalani kehidupan rumah tangga masing-masing.

“Kami memberikan contoh langsung kepada anggota keluarga, seperti bagaimana kita tingkatkan kualitas diri dengan menempuh pendidikan tanpa mengenal umur,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya merasa bangga kepada ketiga anaknya yang ikut jejak dirinya bisa lulus dari perguruan tinggi ternama baik dalam dan luar negeri.

Bahkan, atas kerja keras dirinya kini sudah bisa mengelola beberapa kampus pariwisata dan kesehatan yang mengawali karir dari seorang karyawan bidang pariwisata. (*)

Previous Partisipasi Paldam IX/Udayana Dalam Pembentukan Karakter MPLS SMKN I Denpasar
Next PORAD Momen Tepat Angkat Citra Kodam IX/Udayana,

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *