Partisipasi Paldam IX/Udayana Dalam Pembentukan Karakter MPLS SMKN I Denpasar


SURYADEWATA..COM
Kepala Bengkel Daerah 09-41-01/Denpasar, Peralatan Kodam IX/Udayana, Letkol Cpl Wawan Rukmono, S.T.,MT. memberikan pembekalan pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa/i baru di SMK Negeri I Denpasar yang dilaksanakan sejak (9 s.d 13/7)

Materi yang diberikan meliputi Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan, Pengetahuan Bela Negara, Cinta Tanah Air dan Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara, diikuti oleh 792 orang siswa/i baru SMK Negeri I Denpasar didampingi oleh Kepala Sekolah dan Dewan Guru SMKN I Denpasar.

Dengan pemberian materi tersebut diharapkan akan dapat membantu dalam pembentukan karakter siswa/i untuk menapaki pendidikan selanjutnya di SMKN I Denpasar, meskipun masalah pembentukan karakter sangat dipengaruhi oleh faktor bawaan namun faktor lingkungan juga mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam pembentukan karakter setiap individu, perpaduan antara bawaan dan lingkungan ini akan saling mempengaruhi hingga pada kadar tertentu dalam membentuk suatu prilaku yang permanen, oleh karena itu pemberian materi seperti penanaman disiplin melalui PBB, tatacara memberikan penghormatan, penanaman rasa cinta tanah air, bela negara dan wawasan kebangsaan dipandang sangat penting dalam pembentukan karakter siswa/i di SMKN I Denpasar.

Sementara itu Kepala Sekolah SMKN I Denpasar, Ketut Suparsa S.T.,M.T. mengatakan bahwa antara Paldam IX/Udayana dan SMKN I Denpasar ini mempunyai latar belakang historis dibidang pendidikan, dimana SMKN I Denpasar pada awal pembentukannya bermula dari STM (thn 1962) guru guru STM ini banyak dari anggota Paldam IX/Udayana yang saat itu masih bermarkas di jln. gunung Agung dan sampai saat inipun  SMKN I Denpasar masih menitipkan Siswa di Paldam IX/Udayana untuk melaksanakan praktek di Bengkep Paldam IX/Udayana.

Selama pelaksanaan MPLS peserta melaksanakan kegiatan sangat antusias, senang dengan metode praktek lapangan dan ceramah wawasan kebangsaan yang mampu memberikan motivasi dan membangkitkan rasa cinta tanah air, toleransi, disiplin dan beretika.

MPLS ditutup di Pura Penataran Puncak Mangu sambil melaksanakan kegiatan karya Bhakti, dihadiri Dewaan Guru, Pemangku Pura dan Tim pembawa materi dari Paldam IX/Udayana.

Demikian wujud partisipasi dan tanggung jawab moral dalam pembentukan karakter generasi muda dilakukan Paldam IX/Udayana secara rutin dan berkesinambungan dengan memberikan kesempatan PKL kepada seluruh SMKN dan swasta yang ada di Denpasar dan ini bisa dilaksanakan secara on line.  (*)

Previous Polres Badung Gagalkan Peredaran Puluhan Gram Sabhu dan Ratusan Ekstasi
Next Astina Wakili Kota Denpasar Denpasar Lomba Keluarga Sukinah

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *