Kodim 1619/Tabanan Dukung Program Ketahanan Pangan Panen Terong Bersama


Tabanan, suryadewata.com
Komandan Kodim 1619/Tabanan Letkol Inf Hasan Abdullah, M.Si (Han)., M.P.M.,  bersama Muspika Kecamatan Baturiti, Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan serta Para Danramil Jajaran melaksanakan panen bersama jenis hortikultura sayuran terong, Senin (16/07)  bertempat di Makoramil 1619-07/Baturiti.

Program tanam terong dan saat ini sudah bisa dipanen merupakan bagian dari Kodim 1619/Tabanan dalam rangka mendukung program ketahanan pangan.

Kegiatan panen bersama ini mengambil tema *“Melalui Pembinaan Ketahanan Pangan Prajurit TNI AD Siap Mendukung Pemerintah Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Sebagai Pilar Perekonomian  Bangsa Dengan Memanfaatkan Sumber Daya Alam Yang Ada Di Wilayah”.*

Dandim 1619/Tabanan dalam sambutannya mengatakan program ketahanan pangan yang dimiliki Kodim 1619/Tabanan saat ini berupa sawah Demplot Seluas 1 Ha Di Subak Pelem Desa Batuaji Kecamatan Kerambitan dan 300 Polibag buah terong yang sekarang Ini kita panen bersama.

Menurutnya TNI terlibat dalam perang adalah sesuatu yang biasa dan merupakan tugas pokok, namun memperkuat di bidang ekonomi, sosial budaya dan ketahanan pangan adalah sesuatu yang harus dicapai dan didukung karena tidak ada negara lain yang bisa menyerang apabila kita kuat dalam hal ketahanan pangan dan ekonomi.

Kebutuhan pokok seperti beras, jagung dan kedelai apabila kita masih impor sama saja dengan kita dijajah negara lain, karenanya ketahanan pangan harus berlanjut demi anak cucu kita.

Selain itu tuntutan perorangan maupun satuan di Jajaran TNI AD yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun  2004 tentang TNI dalam tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dalam salah satu butirnya dijabarkan bahwa TNI mempunyai membantu tugas pemerintah di daerah melalui fungsi utama Pembinaan Teritorial atau Binter dengan Babinsa sebagai ujung tombaknya untuk terus bersama-sama dengan rakyat mengatasi permasalahan yang ada di wilayah masing-masing.

Termasuk di bidang pertanian dan melakukan pembinaan ketahanan pangan dengan memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam secara efektif, efisien, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Panen bersama buah terong program ketahanan pangan Kodim 1619/Tabanan TA. 2018 ini dipimpin langsung oleh Dandim1619/Tabanan yang diikuti seluruh undangan yang hadir pada kesempatan tersebut.

Previous AKP Djoko Hariadi Peroleh Bintang Bhayangkara Narariya dari Presiden RI
Next Warga Delod Brawah dan Satgas TMMD Nikamati Makan Siang Bersama

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *