MANTAN BUPATI BADUNG AA. GDE AGUNG GELAR FESTIVAL BARONG.


Badung, suryadewata.com.
Penyelenggaraan festival barong yang akan dilaksanakan dari tanggal 20  ~ 21/7/2018 bertempat di jabe tengah pura Taman Ayun bertajuk ” Bali Taman Ayun Barong Festival Regeneration and Superstar”.

AA. Gde Agung menjelaskan penyelenggaraan festival barong ini untuk yang ke 3 kalinya di Objek Wisata Pura Taman Ayun bekerjasama dengan Pemkab Badung bagian Dinas Pariwisata diharapkan bisa berjalan lancar.
Festival seluruhnya diselenggarakan Sanggar Mangu Sancaya Puri Ageng Mengwi yang cukup eksis dibidang seni budaya bahkan sudah dua kali menyelenggarakan festifal juga sukses dalam Pesta KeSenian Bali (PKB) pementasan Janger Cupak

Sanggar Mangu Sancaya ini merupakan sanggar binaan Puri Ageng Mengwi yang anggotanya baik laki maupun perempuan berjumlah 100 orang anak- anak muda sekolah tingkat SD, SMP, SMA serta tamatan ISI atas dasar kesadaran sendiri dan senang saja berkumpul membuat sanggar seni sedangkan dari puri memfasilitasinya.

Kerjasama Obyek Wisata Taman Ayun dengan Pemkab Badung dalam festival barong ini diselenggarakan oleh Sanggar Mangu Sancaya Puri Ageng Mengwi.

Kenapa festival Barong regeneration itu bertujuan untuk menjaga kelestarian seni budaya khususnya  Barong  menampilkan penari – penari barong cilik anak SD. dan SMP .Dulu hanya ada festival barong cilik SD tapi sekarang ada kakanya SMP yang lebih menguasai tarian barong ahirnya dibagi menjadi tingkat SD dan SMP inilah yang menjadi inti dari Regeneration agar tetap tumbuh  dan berkembang dengan cara difestivalkan yang merupakan pelestarian seni budaya khususnya barong tidak kalah pentingnya dalam festival ini memadukan warisan budaya dunia Pura Taman Ayun dengan warisan seni budaya barong disatukan dalam festival ini.

Untuk peserta dibatasi  SD dan SMP masing 15 peserta acara dimulai dari pukul 13.00 wib di wantilan Pure Taman Ayun. Sedang peserta dari Superstar 16  diundang dan disaring dari juara- juara yang sebelumnya telah menjuari beberapa festival.

Semua peserta dalam festival ini tidak dikenakan biaya apapun bahkan untuk merangsang penari- penari barong akan diberikan uang pembinaan. Peserta tingkat SD,SMP akan mendapat hadiah dan sertifikat sedang tingkat superstar mendapat piala dan uang pembinaan.

Animo wisatawan dan peserta festival ini luar biasa  dan merasakan ini festival Top The Top dari festival barong karena penyelwnggaranya well organized mulai dari pendaftaran , tempatnya, jurinya ada yang profesor dan praktisi seni dipisahkan antara tingkat SD, SMP dan superstar.

Dari segi promosi pariwisata juga luar biasa pada festival ke 1 dan 2 pada saat paariwisata anjlok kunjungan wiasatwan ke Obyek Taman Ayun rata- rata 1000 perhari bahkan dibawah itu, pada waktu festival barong naik menjadi 2000 lebih pengunjung walaupun festival diadakan sore .

Sekarang ini pengunjung ke Pura Taman Ayun cukup ramai walaupun ada gangguan alam erupsi Gunung Agung tidak berp
engaruh pada kunjungan wisatawan ke Pura Taman Ayun rata – rata 1500 perharinya.

” saya berterimakasih kepada Pemkab Badung yang telah membantu pembiayaan festival ini tetapi dari penyelenggara sepenuhnya dari Sanggar Mangu Sancaya ” ucapnya.

Kenapa festibal ini diselenggarakan di Taman Ayun karena bersama Dinas Pariwisata Kab. Badung fesrival ini akan masuk kalender of event dari kegiatan pariwisata Bali dan juga karena festival ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kunjungan wisatawan dan sekaligus memperlama masa tinggal wisatawan berpengaruh pada peningkatan daya beli masyarakat.

AA. Gde Agung yang sekarang tidak lagi menjabat masih menyumbangkan buah pikiran khusus intuk bidang barong festival ini untuk meningkatkan pariwisata. Pariwisata itu dinamis jadi haris menambah destinasi dan event- event  bertaraf internasional yang diselenggarakan secara profesional untuk menambah daya tarik wisatawan….jelas AA. Gde Agung

Previous Kapolri Buka Silaturahmi Nasional Dai Kamtibmas 2018
Next Hasil Studi Demensia Bali 2018 Mendorong Lahirnya Kebijakan Kelanjutusiaan di Provinsi Bali

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *