Dewi Ratih Apreasi Kemiripan Tarian India dengan Bali


Denpasar, suryadewata.com
Pemilik Salon Dewi Ratih, Ida Ayu Ratna Dewi memberikan apresiasi pertunjukkan seni tari klasik India “Prakruthi Dhwani (Beats of Nature)”.

“Mereka mampu tampil penuh semangat dengan tata rias dan busana sesuai dengan karakter tokohnya, namun di Bali masih monoton,” kata Dewi Ratih di Denpasar, Sabtu (21/7).

Hal itu disampaikan usai menyaksikan kegiatan tersebut yang memukau para penonton yang memadati Wantilan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bali, Renon Denpasar, Sabtu (21/7).

Kegiatan Prakruthi Dwani Season 3 persembahan Anantara Music and Dance Institutions Dubai didukung penuh dari kolaborasi apik President Indian Association Bali (IAB) Sonia Kaur dengan Paiketan Krama Bali yang menampilkan 30 orang penari dari Dubai yang berkunjung ke Pulau Dewata.

Menurutnya, tarian klasik India yang bercerita tentang Dewa Hanuman, Rama dan Krshna yang mengandung nilai-nilai moral bersifat universal dengan mengambil cerita-cerita suci dalam purana Veda.

Meskipun ada kesamaan dan kemiripan dengan kesenian Bali, penampilan tersebut tetap menjadi primadona masyarakat.

Hal itu juga diungkapkan Ketua Bali Tourism Board (BTB) atau Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali Ida Bagus Agung Partha Adnyana menilai kesenian Bali dan India kental kemiripannya.

“Saya sendiri senang sekali datang ke India memiliki kemiripan dengan Bali, apalagi rindu dengan tari-tariannya,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, pihaknya memberikan apresiasi acara tersebut yang dapat memperkuat hubungan kedua negara Indonesia dengan India.

Kunjungan wisatawan India datang ke Bali menduduki posisi ketiga, itupun baru satu ada penerbangan langsung Ngurah Rai-Mumbai.

Begitu juga, kualitas wisatawan Jambudwipa baik karena adanya persamaan kebudayaan Bali dengan India memberikan nuansa tersendiri. (ART)

Previous Tutup Pesta Kesenian Bali 2018, Pastika Harap Jadi Bekal Ngayah Para Seniman
Next Pangdam IX/Udayana : Pertahankan NKRI Dengan Tekad Persatuan Dan Soliditas Yang Tinggi

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *