Lomba Simantri Bali Mandara Temukan Kelompok Berprestasi


Denpasar, suryadewata.com
Lomba Kelompok Sistem Pertanian Terintegrasi (Simantri) Bali Mandara mendorong petani menerapkan inovasi-inovasi yang berkelanjutan.

Inovasi tersebut sebagai prestasi yang dapat mendukung pelaksanaan Simantri yang berujung pada peningkatan kesejahteraan petani dan masyarakat.

“Untuk mengevaluasi sejauh mana perkembangan inovasi-inovasi yang sudah dikembangkan secara berkelanjutan maka dilakukanlah kegiatan penilaian kelompok Simantri berprestasi yang dilaksanakan setiap tahunnya “kata Kepala UPT Simantri Bali Mandara, I Wayan Sunada, S.P., M.P. di Denpasar, Selasa (14/8).

Penilaian dilakukan pada  kabupaten/kota se-Bali terhadap kelompok Simantri yang mewakili daerah masing-masing.

Kelompok-kelompok yang mewakili di kabupaten nya masing-masing diantaranya yaitu (1) Simantri 556, Kelompok Tani Ternak Swaka Mitra, Desa Banjar, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, (2) Simantri 446, Kelompok Tani Ternak Kelaan Mera Sari, Desa Bonyoh, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, (3) Simantri 437, Kelompok Tani Ternak Sari Wredi Gopala, Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, (4) Simantri 521, Kelompok Tani Sari Merta Pertiwi, Desa Getasan, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, (5) Simantri 569, Kelompok Ternak Sato Amerta Utama, Desa Baluk, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, (6) Simantri 585, Kelompok Tani Pondok Sari, Desa Luwus, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, (7) Simantri 543, Kelompok Tani Tunas Merta, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, (8) Simantri 613, Kelompok Tani Moncong Karya Bersatu, Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.
Penilaian ini sudah berlangsung dari tanggal 1 Agustus sampai dengan tanggal 10 Agustus 2018.

Juri dalam penilaian ini berasal dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bali, BPTP Bali, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali, Kepala Sub Bidang Ekonomi BAPPEDA LITBANG Provinsi Bali, dan UPT Pertanian Terintegrasi (Simantri).

Beberapa aspek yang menjadi penilaian yaitu dari segi aspek umum, aspek dampak dan pengembangan, aspek peternakan, aspek tanaman pangan dan hortikultura, dan aspek perkebunan.

Untuk masing-masing Kelompok Simantri yang mengikuti lomba ini akan mendapatkan hadiah berupa ternak Sapi dengan jumlah ternak yang didapat berdeda tergantung dengan peringkat juara dari hasil penilaian.

Penghargaan dan hadiah lomba kelompok Simantri berprestasi tingkat provinsi akan diserahkan langsung oleh Gubernur Bali.

Berdasarkan hasil penilaian terhadap kelompok-kelompok Simantri yang mengikuti lomba ini, sudah melakukan pengembangan kegiatan serta inovasi-inovasi terkini secara berkelanjutan.

Diharapkan nantinya semangat dan motivasi untuk terus mengembangkan kegiatan Simantri  tetap terjaga oleh anggota kelompok sehingga mampu meningkatkan pendapatan anggota 2x lipat dan membawa dampak yang positif untuk masyarakat luas dan lingkungan tentunya.

Selain itu kelompok-kelompok Simantri juga diharapkan dapat bersinergi dengan kegiatan Pariwisata dimana semakin banyaknya tamu-tamu mancanegara yang sering berkunjung ke Simantri,” kata tutupnya. (ART/*)

Previous Lepas Jalan Sehat Pramuka, Sekda Dewa Indra Ajak Generasi Muda Kampanyekan Peduli Lingkungan
Next Panglima TNI Dampingi Presiden Kunjungi Pasien Korban Gempa Di Rumah Sakit Lapangan TNI

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *