Satriya Dwi Pranayoga : Pelestarian seni Budaya Mendongkrak Pendapatan Masyarakat


Gianyar , suryadewata.com
Kadek Satriya Dwi Pranayoga SE. pengusaha muda asal desa Belang Singa Gianyar bertekad ikut dalam  balantika politik di Gianyar .
Pria yang aktif diorganisasi Re’jo (Relawan Jokowi) memutuskan maju ke DPR Provinsi melalui partai Hanura.

Kadek Dwi Satriya Pranayoga yang juga akrab dipanggil Yoga pada saat ditemui awak media hari Selasa 14/08/2018 mengatakan berangkat dari seni budaya melaksanakan lomba layang – layang di Mas Ceti Gianyar. Tradisi seni budaya dapat menumbuhkan rasa gotong royong dan saling menghargai.

Terkait seni budaya yang ada di Gianyar kita harus.sering mengadakan event-event pentas seni baik ditingkat desa maupun Kabupaten. Dengan pentas seni dijarapkan bisa merangsang seniman muda untuk berkreasi juga sebagai penghargaan kepada sesepuh-sesepuh seni budaya agar tetap lestari dan bisa memiliki nilai jual terutama dibidang pariwisata yang berimbas kepada pendapatan masyarakat.

Mennyangkut pendapatan dari seni budaya  diharapkan pemerintah lebih sering mengadakan event-event seperti pemeran produk seni yang bisa membantu pemasaran produk seni bekerjasama dengan Travel Agent maupun pengusaha pariwisata.

Kita bisa mengundang wisatawan untuk memperkenalkan berbagai macam produk.seni masyarakat di Gianyar.

Untuk seni.budaya di Desa Belang Singa sekarang lagi dibangkitkan lagi seni.Kecak yang bisa dipentaskan maupun dijadwalkan pementasan bisa membantu pendapatan masyarakat.  Dibeberapa daerah di Gianyar.sebenarnya sudah memiliki produk seni yang khas seperti Celuk dengan produk perak, Blega dengan kerajinan bambu kalaupun sekarang pemasaranya agak lesu  harusnya pemerintah memberi solusi dengan membantu pemasaran melalui pameran- pameran …..terang Yoga.

Menyangkaut Infrastruktur Yoga mengatakan perlu perbaikan akses jalan dipelosok-pelosok.desa.ditambah dengan penerangan jalan sebagai akses vital transoprtasi perekonomian masyarakat desa.

Dalam kesemparan ini Yoga berharap kepada pemerintah untuk kembali menghidupkan usaha produk seni yang lagi lesu dan ekonomi masyarakat Gianyar paling tidak bisa seperti dahulu yang masyarakatnya lebih banyak bergerak dibidang seni .
Untuk festival layang – layang saya berharap pemerintah bisa membantu menyiapkan tempat kegiatan sepert lapangan agar layang – layang tetap eksis ….tutup Yoga

Previous PENGANUGERAHAN ADHYASTA PRAJANITI UNTUK YANG KEDUA KALINYA BAGI RUMAH SAKIT MATA BALI MANDARA
Next Demi Upah Sabhu, Mantan Mandor Edarkan Narkoba

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *