Upacara “Nganyud ” Tahap Akhir Ngerorasin Massal di Dusun Geriana Kangin


Karangasem, suryadewata.com Upacara Ngayut menjadi tahapan terakhir dalam Puncak upacara ngerorasin massal yang diselenggarakan di Banjar Adat Geriana Kangin, Desa Duda Utara, Selat, Karangasem, Jumat (17/08).

Upacara “Nganyud” ini berlangsung di pantai Goa Lawah, Klungkung. Sebelum uapacara ini dilaksanakan, terlebih dahulu diawali ritual pembakaran puspa (simbol perawakan) abu atau arang yang berasal dari sisa pembakaran tersebut kemudian dimasukkan kedalam nyuh gading (kelapa kuning) kemudian dihias dan melewati serangkaian ritual barulah upacara nganyud ini dilakukan.

Puncak upacara ngerorasin massal ini sudah berlangsung sejak pagi hari dimana rangkaian ritualnya dipuput oleh Ide Pendanda Istri Anom Keniten dari Geria Laya ombo, Dusun Pegubungan, Duda, Selat, Karangasem.

“Ya disini kembali sang leluhur didoakan sebelum dihanyutkan kelaut sebagai simbolis kembali menyatu dengan Sang Maha Pencipta,” kata Ketua panpel, I Nyoman Merta.

Sudah menjadi ttadisi, ketika puspa dimasukkan ke nyuh gading serta dihias sedemikian rupa, sanak kerabat terdekat dari puspa yang diupacarai tersebut akan memasukkan sejumlah uang mulai dari uang kepeng hingga uang kertas.

Ketika upacara ngayud ini dilaksanakan, nyuh gading tersebut di dicelupkan sebanyak tiga kali ke air laut kemudian disebar atau istilah Balinya dirarung membuat beberapa orang yang memang sudah menunggu upacara tersebut berebut uang yang berasal dari nyuh tersebut meski harus melawan derasnya gulungan ombak pantai Goa Lawah.

Previous AA. Ngurah Uttama Triarta Putra Nyaleg DPRD Kota Denpasar
Next Upacara Mendak Isepan, Ngerorasin Massal Arya Kenurunan

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *