Gubernur Bali Mendukung Eksistensi STAH NEGERI MPU KUTURAN


Singaraja, suryadewata.com
Gubernur Bali Mangku Pastika mendukung penuh eksistensi Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Negeri Mpu Kuturan Singaraja sebagai lembaga pendidikan tinggi keagamaan Hindu yang fokus pada pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Saya secara konsisten mendukung eksistensi STAHN kedepan. Lembaga pendidikan harus terus didorong berkembang,” kata Pastika di Kampus STAHN Mpu Kuturan, Kota Singaraja,

Lembaga pendidikan berperan penting membentuk manusia Indonesia yang punya semangat untuk menjadi orang yang baik. Kita perlu orang-orang yang berkarakter, tahan banting dan tidak gampang menyerah,” kata Pastika.

Bali dan Buleleng khususnya, kata dia, harus fokus kepada pemberdayaan sumber daya manusia (SDM). “Jadi SDM harus betul-betul dididik dengan tepat dan terarah,” imbuh dia sembari mengapresiasi perkembangan STAHN Mpu Kuturan yang signifikan.

Pihaknya pun menyatakan akan segera berkoordinasi dengan gubernur Bali terpilih, Dr I Wayan Koster yang juga putera Buleleng agar tetap memberikan perhatian terhadap perkembangan perguruan tinggi Hindu negeri satu-satunya di Bali Utara tersebut.

“Beliau orang pendidikan. Saya kira tidak ada alasan untuk tidak ngurusin. Pasti akan memperhatikan (STAHN),” katanya.

Sementara itu, Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Prof. Dr. Drs. I Made Suweta MSi menjelaskan bahwa kedatangan Gubernur Bali selain memberikan kuliah umum kepada mahasiswa baru, juga sekaligus menyerahkan bantuan hibah gedung rektorat STAHN yang telah dibangun di wilayah Desa Banyuning, Kota Singaraja.

Suweta mengungkapkan bahwa Gubernur Pastika berjasa besar dalam proses hibah pendirian gedung rektorat STAHN berlantai empat yang kini masih dalam tahap penyelesaikan akhir (finising) dan direncanakan akan dilanjutkan Kemenag RI.

“Jika kami harus menunggu kucuran anggaran dari Kementerian Agama, mungkin lama baru terwujud. Selain memang DIPA kita memang terlalu kecil,” paparnya.

Pihaknya juga mengatakan  bahwa bantuan hibah dari gubernur Bali bukan bantuan biasa. Bantuan hibah tersebut seakan memberikan harapan begitu besar kepada kemajuan Hindu, terutama dalam bidang pendidikan bagi umat Hindu di seantero Nusantara, khususnya umat Hindu di Bali, lebih khusus lagi umat Hindu di Buleleng da sekitaran Bali Utara.

Selain itu, dirinya berharap gubernur tetap memberikan perhatian terhadap masyarakat Bali dalam berbagai aspek kehidupan. “Banyak program beliau berdampak luar biasa untuk kesejahteraan masyarakat Bali seperti Simantri, Gerbang Sadu, JKBM dan Sekolah Bali Mandara,” ucap dia.

Previous Sambut Idul Adha Dandim 1626/Bangli Hadiri Takbir Keliling
Next Pangdam Kunjungi Desa Pulau Bungin Dan Ajak Warga Berdoa

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *