Jajaki Kerjasama, Wakil Ketua Parlemen Tiongkok Bertemu Gubernur Koster


Denpasar, suryadewata.com
Gubernur Bali Wayan Koster menerima kunjungan istimewa dari Wakil Ketua Parlemen Republik Rakyat Tiongkok Y.M. Li Bin di Kantor Gubernur Bali, Rabu (19/9) siang. Dalam pertemuan singkat ini kedua pihak membahas perkembangan hubungan kedua negara termasuk kemungkinan kerjasama dalam mewujudkan pembangunan untuk kesejahteraan di Bali.

Li Bin yang didampingi Konjen RRT di Bali Gou Haodong menyampaikan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi bagian dari program One Belt One Road. Pertemuan yang beberapa kali telah terjadi antara Presiden Jokowi dengan Presiden Xi Jinping menunjukkan hubungan yang baik antara kedua negara, tambah Li Bin. Kerjasama ini diharapkan bisa semakin erat dilakukan di segala bidang termasuk dengan pemerintah daerah. Li Bin memuji keindahan pulau Bali dalam kunjungannya kali ini. “Saya menemukan alasan mengapa banyak wisatawan kami datang kesini,” kata Li Bin.

Gubernur Wayan Koster memberi apresiasi inisiatif peningkatan hubungan kedua negara dengan kerjasama yang telah terjalin di tingkat pusat. Seperti diketahui, pertumbuhan ekonomi Tiongkok meningkat pesat setelah menjadi negara yang terbuka. “Pertemuan ini membuka kesempatan untuk meningkatkan jumlah wisatawan juga kerjasama di bidang investasi dan infrastruktur,” kata mantan anggota DPR RI ini.

Untuk memberi gambaran, Koster menyampaikan visi misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang akan menjadi dasar dalam melakukan pembangunan di Bali ke depan. Ia berharap pemerintah Tiongkok bisa membantu mewujudkan pembangunan khususnya melalui skema hibah untuk pembangunan infrastruktur seperti kereta lingkar Bali, jalan arteri lingkar Bali dan Tol Denpasar-Gilimanuk. Kerjasama di bidang teknologi informasi juga diharapkan bisa dilakukan mengingat Tiongkok juga memiliki kemajuan di bidang tersebut. “Secara umum kami berharap kerjasama ini bisa berjalan,” kata Koster.

Hadir Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra, Kepala Dinas Pariwisata AA Gede Yuniartha Putra dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra.

Previous Koran tua Tahun 1819 Segera Dilelang
Next Pengusaha Bali Menggelar Sarasehan Damai di Taman Gong Perdamaian Dunia

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *