Donor Darah Kodim 1617 Jembrana Hasilkan 87 Kantong Darah


SURYADEWATA.COM
Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (Hut) Ke 73 TNI Tahun 2018, berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan oleh jajaran TNI di wilayah Bali.

Salah satu Kodim 1617/Jembrana melaksanakan kegiatankegiatan donor darah, Jumat (28/09), yang berlangsung di Aula Makodim 1617/Jembrana.

Kegiatan donor darah yang dilakukan Kodim 1617/Jembrana bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Jembrana, serta diikuti sekitar 120 peserta.

Pasi Ter Kodim 1617/Jembrana Kapten Chb Drs. Kariyanto selaku Ketua Penyelenggara Kegiatan tersebut menyampaikan bahwa mendonorkan darah adalah merupakan satu tindakan yang mulia karena setetes darah yang kita berikan sangat berarti bagi kelangsungan hidup seseorang yang membutuhkan.

Menurut Pasiter kegiatan donor darah kali ini mengusung tema “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional Untuk Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri Dan Berkepribadian”.

Sementara itu Dandim 1617/Jembarana Letkol Kav Djefri Marsono Hanok menyampaikan, kegiatan donor darah yang kita lakukan ini merupakan rangkaian dalam menyambut Hut Ke 73 TNI dan kegiatan ini digelar dengan tujuan untuk membantu PMI menyiapkan ketersediaan darah untuk membantu masyarakat Jembrana.

“Dengan kegiatan donor darah ini, setidaknya dapat membantu masyarakat yang membutuhkan atau kekurangan darah dan menyelamatkan jiwanya”, ungkap Dandim.

Di samping itu, kegiatan donor darah ini, selain dapat membantu masyarakat yang membutuhkan, juga banyak manfaatnya bagi seluruh personel yang melakukan donor darah.

“Manfaatnya banyak bagi pendonor, di samping dapat memeriksakan kesehatan kita secara langsung, dengan donor darah di dalam tubuh kita juga akan diregenerasi dengan sel-sel darah yang baru sehungga badan akan terasa segar setelah beberapa hari ke depan, selain itu dengan donor darah kita juga akan mengurangi resiko terkena penyakit seperti strok dan kolesterol tinggi” tegasnya.

Dia juga berharap, kegiatan donor darah ini terus berlanjut di Kodim 1617/Jembrana untuk t?waktu-waktu berikutnya.

Dari hasil kegiatan donor darah tersebut dapat disumbangkan sebanyak 87 kantong darah karena ada anggota yang tidak memenuhi syarat dalam pelaksanaan donor darah karena berbagai alasan seperti hipertensi, hipotensi atau belum waktunya.

“Sebagai prajurit TNI, sudah kewajiban kita membantu masyarakat dalam biidang kesehatan, maupun di bidang lainnya. Karena TNI lahir dari rakyat, berbuat dan mengabdi juga untuk rakyat”, ungkap Dandim

Pantuan di lokasi kegiatan tampak
Dandim 1617/Jembrana Letkol Kav Djefri Marsono Hanok berbaur bersama Anggota Kodim lainnya mendonorkan darahnya. Selain anggota Makodim dan Koramil Jajaran Kodim 1617/Jembrana kegiatan donor darah ini juga diikuti oleh instansi lain di antaranya Yonif Mekanis 741/GN, Sub Denpom Negara, Polres Jembrana, Ibu Ibu Persit KCK Cabang Kodim Jembrana, Ibu-ibu Bhayangkari, Anggota FKPPI, Saka Wira Kartika dan Anggota Hipakad Cabang Kodim Jembrana.

Previous Gubernur Wayan Koster Dorong Penguatan Olahraga Prestasi
Next GEMPA BERKEKUATAN MAGNITUDO 7.7, PERINGATAN DINI TSUNAMI SEMPAT DIAKTIFKAN NAMUN SUDAH BERAKHIR

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *