Cegah Kerugian, Paiketan Krama Bali Minta Aparat Penegak Hukum Tegas


Denpasar, suryadewata.com
Ketua Umum (Ketum) Paiketan Krama Bali Agung Suryawan meminta keseriusan pembangunan Bali agar memprioritaskan penegakan hukum  (law enforcement) secara tegas.

Selama ini dalam implementasi aturan yang ada, dinilai penegakkannya tidak konsisten dan maksimal.

“Untuk itu, sebaiknya aparat rutin mengadakan penegakkan secara tegas dan tidak tebang pilih,” kata Agung Suryawan di Denpasar, Minggu (6/10).

Ia mengatakan, aparat terbawah agar aktif meninjau wilayahnya, selanjutnya melaporkan ke atas sehingga mendapatkan tindak lanjut dengan baik.

“Apabila aparat dibawah bekerja dengan baik yang didukung dari atasan, maka implementasi aturan tepat sasaran,” ujarnya.

Komitmen itu dijalankan agar sejalan dengan “Tri Hita Karana” dan program Gubernur Bali Wayan Koster yang dibingkai dalam “Sad Kertih Loka Bali”.

Menurutnya, rendahnya penindakan tersebut justru akan merugikan daerah maupun negara.

Hal itu terjadi pada pencemaran pada sungai maupun sampah yang masuk Taman Hutan Rakyat (Tahura) Mangrove Ngurah Rau bermula dari rendahnya pengawasan aparat.

Disamping adanya masyarakat yang memiliki kesadaran rendah terhadap peduli lingkungan.

Dengan demikian, sepatutnya pemerintah dapat menjadikan program prioritas dalam penanganan masalah sampah di Bali, karena sebagai daerah wisatawan tidak pantas pengelolaan sampah kurang baik.

Sebaiknya penanganan sampah dikelola dengan teknologi yang tepat guna, pemilahan yang besar dan dapat diubah menjadi sumber energi.

“Saya ikuti sekitar 15 tahun sampah itu belum dapat solusi,”ungkapnya.

Namun pihaknya tetap optimis, apabila ada tindak lanjut yang jelas terhadap penandatanganan kerjasama (MoU) Gubernur Bali I Wayan Koster dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) tentang PLTSampah Suwung dan sinkronisasi kebutuhan listrik memakai Clean Energy. (ART)

Previous Deklarasi GARBI Bali Wadahi Ide dan Gerak Anak Bangsa
Next Polda Bali Serahkan Uang Tunai Rp 2,86 M Bantuan Kemanusiaan Gempa Sulteng

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *