Polisi Bersama Masyarakat dan Instansi Terkait Bahu Membahu Padamkan Kebakaran Hutan di Lereng Gunung Batur


Bangli, suryadewata.com

Kebakaran Hutan di lereng Gunung Batur di Banjar Tabu Desa Songan sampai Br. Yeh Mampeh Desa Batur Selatan Kintamani Bangli, Senin (08/10).

Lokasi hutan yang terbakar merupakan Hutan Produksi Terbatas (HPT) seluas 400 Ha dimana terbakar sekitar 4 Ha, Sebagian api sudah bisa dilokalisir dan dipadamkan oleh Personel Polres Bangli, TNI, Instansi terkait ( BKSDA, Polsus Kehutanan, Pemadam Kab. Bangli) dan Masyarakat.

Wakapolres Bangli Kompol Ketut Gelgel pimpin langsung Aksi pemadaman Gabungan tersebut didampingi Kabag Ops Polres Bangli, Kapolsek Kintamani, Kasat Sabhara Polres Bangli, Danramil Kintamani, Polsus Kehutanan, BKSDA, Dinas Pemadam Kebakaran Kab. Bangli bersama masyarakat bahu membahu memadamkan Api tersebut agar tidak meluas ke Pemukiman penduduk.

“Kami bersama TNI, Instansi terkait dibantu masyarakat bahu membahu memadamkan Api yang membakar lereng Gunung Batur dengan cara Manual, baik dengan dahan pohon maupun selang air serta mobil pemadam  Pemkab Bangli, agar Api segera padam dan tidak meluas”,Ungkap Wakapolres Bangli.

Wakapolres Bangli juga mengatakan yang terbakar  berupa ilalang dan pohon kayu sekitar hutan yanh lokasinya jauh dari pemukiman penduduk.

Sementara itu Kapolres Bangli ditempat terpisah mengatakan bahwa Kebakaran Hutan tersebut terjadi tadi pagi dan Polres Bangli bersama warga sekitar dan Instansi terkait langsung meluncur ke Lokasi.

“Begitu saya mendapat laporan dari Kapolsek Kintamani mengenai kebakaran Hutan, Saya langsung perintahkan Wakapolres agar Menuju Lokasi untuk memimpin langsung pemadaman dan melokalisir Api agar tidak meluas”,Ungkap Kapolres Bangli AKBP Agus Tri Waluyo,S.I.K.,M.H.

Kapolres Bangli AKBP Agus Tri Waluyo, S.I.K., M.H., menambahkan bahwa Polisi bersama TNI sudah mengambil Tindakan yang cepat seperti Mendatangi tempat kebakaran, mencegah meluasnya area yang terbakar dengan upaya pemadaman secara manual, oleh gabungan petugas kepolisian, TNI, Petugas Kehutanan. Menghimbau warga masyarakat untuk selalu waspada dan menjauh dari titik api, Bekerjasama dengan Polsus Kehutanan di lapangan.

“Polri dan TNI dibantu warga  bahu membahu memadamkan rembetan api secara manual dan juga dengan bantuan tenaga dan Mobil pemadam kebakaran Kabupaten Bangli, termasuk membuat batas lingkar api dengan membasahi rembetan Api dengan menyiram serta Memantau arah rembetan api”imbuh Perwira melati Dua dipundak itu.

Saat ini api sudah mengecil walaupun belum semua dapat dipadamkan, namun sudah berhasil dilokalisir karena situasi Medan menuju lokasi sangat sulit karena tidak ada akses masuk mobil pemadam dan tebing yang terjal.
“Mudah mudahan Api segera dapat kami padamkan seluruhnya”, Ungkap Kapolres.

Previous Presiden Tegaskan Sebagian Besar Alokasi Anggaran Pertemuan IMF-Bank Dunia untuk Pengembangan Infrastrukur di Bali
Next POLRES BANGLI MENANGKAP PENGEDAR UANG PALSU DIPASAR KAYUAMBUA

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *