TMMD Ke 103 Kodim Karangasem Dibuka, Dusun Guminten Akan Miliki Akses Jalan 3000 Meter


SURYADEWATA.COM
Program Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa atau TMMD Ke 103 Tahun Anggaran 2018 secara serentak dibuka di seluruh wilayah Indonesia, Senen (15/10).

Demikian halnya TMMD Ke 103 di wilayah Kodim 1623/Karangasem, Bali upacara pembukaannya dilaksanakan Senin (15/10) bertempat di Lapangan Mamed, Dusun Guminten, Sidemen, Karangasem.

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, S.sos., MAP., pada kesempatan ini memimpin Upacara Pembukaan TMMD Ke103 tersebut sekaligus membacakan amanat Gubernur Bali I Wayan Koster yang mengatakan bahwa TNI Manunggal Membangun Desa merupakan perberdayaan masyarakat dalam mendukung proses pembangunan adalah sebagai suatu bentuk nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat dengan proses pembangunan di desa untuk membangun dari pinggirian yaitu dari desa ke kota. TNI sebagai wahana keamanan dalam menjaga revolusi mental yaitu integritas, etos kerja dan gotong royong.

Menurut Gubernur, melalui momen seperti ini dirinya menaruh harapan besar kepada TNI untuk dapat memotivasi masyarakat melakukan kegiatan pembangunan yang berintegritas dan mempunyai sifat gotong royong yang tinggi untuk mendukung pelaksanaan pembangunan khususnya di wilayah Provinsi Bali.

Gubernur juga mengajak komponen masyarakat dan komponen TNI untuk melaksanakan pengabdian dengan kapasitas masing-masing dengan sifat gotong royong dan
kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa pada masa sekarang ini, termasuk membantu dan mempercepat pembangunan di daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ditambahkannya kemanunggalan TNI-Rakyat juga dimaksudkan guna menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang (RAK Juang) yang tangguh untuk kepentingan bangsa dan negara.

Pada kesempatan tersebut Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Benny Rahadian, S.E., selaku Dansatgas TMMD tersebut membacakan laporan kesiapan pelaksanaan TMMD yang antara lain menyebutkan pelaksanaan TMMD akan berlangsung selama 30 hari dengan sasaran fisik yaitu pembukaan jalan sepanjang 3000 meter dan kegiatan non fisik dalam bentuk ceramah atau penyuluhan serta lomba-lomba bagi masyarakat setempat di Dusun Guminten.

Usai upacara saat ditanya awak media terkait dipilihnya Dusun Guminten sebagai sasaran pelaksanaan TMMD Ke 103 ini, Dandim menjelaskan hal ini sebagai hasil proses panjang komunikasi antara Kodim dengan pihak Pemkab Karangasem.

“Ada proses pengusulan buttom-up, dari bawah ke atas secara berjenjang, kemudian itu dibicarakan dengan berbagai pertimbangan dan menyangkut kepentingan masyarakat dan akhirnya itu menjadi keputusan untuk melaksanakan TMMD di Dusun Guminten”, papar Dandim.

Lanjutnya sasaran pokok pembangunan jalan dilaksanakan dengan target 3000 meter dan mari kita berdoa sebelum TMMD ini ditutup 30 hari ke depan (13 November 2018 mendatang) masyarakat Dusun Guminten sudah memiliki akses jalan untuk mendukung aktifitas sehari-hari utamanya akses kegiatan keagamaan menuju Pura Dewangga.

Sementara prihal peningkatan kualitas jalan ini nantinya untuk diperkeras atau diaspal, Bupati IGA Mas Sumatri menjawab hari ini baru dibangun, untuk peningkatan kualitasnya akan menjadi kewajiban Pemerintah Kabupaten Karangasem untuk membicarakan lagi sehingga nantinya dapat dianggarkan melalui APBD.

Baik Bupati dan Dandim berharap pembangunan infrastruktur melalui program TMMD akan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat serta berharap dukungan penuh dari masyarakat serta jika sudah terwujud dapat memelihara segala hasil-hasilnya.

Hadir sejumlah undangan baik dari instansi sipil maupun militer pada Upacara Pembukaan TMMD Ke 103 ini diantaranya, Danrem 163/ Wira Kolonel Arh A.M. Suharyadi, S.I.P., M.Si., Perwira Staf Ahli Pangdam IX/Udayana Bidang Manajemen dan Sishankamneg, Perwira Staf Ahli Pangdam IX/Udayana Bidang Ekonomi, Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf I Kadek Subawa, S.sos., Liason Officer (LO) AL, Para Dandim Jajaran Korem 163/Wira Satya, Kapolres karangasem. Sementara pejabat sipil antara lain Sekda Kabupaten Karangasem, Ketua DPRD Karangasem dengan sejumlah anggota, Kajari Karangasem, Kepala OPD Kabupaten Karangasem dan juga sejumlah tokoh agama, masyarakat dan organisasi kemasyarakatan

Usai upacara pembukaan para tamu undangan melaksanakan peninjauan ke beberapa stand seperti pelayanan pengobatan dan KB Kesehatan, Sembako, kerajinan serta melihat lokasi pembangunan jalan di Dusun Guminten, Sidemen, Kabupaten Karangasem.

Previous Buser Polsek Kuta Utara bekuk Pencuri Emas, Pelaku Sudah Dianggap Keluarga
Next Bappedalitbang Bali Susun Rancangan Awal RPJMD Provinsi Bali Tahun 2018-2023, Ditarget Kelar Maret 2019

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *