Dandim 1623 Karangasem Bekali Siswa-Siswi Wawasan Kebangsaan


Amlapura, suryadewata.com
Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 103 Kodim 1623/Karangasem di Dusun Guminten, Sidemen, Karangasem-Bali tidak saja mengerjakan sasaran fisik semata, tetapi juga dimbangi dengan pelaksanaan sasaran non fisik berupa pembekalan wawasan kebangsaan (Wasbang).

Seperti halnya pada  Senin tanggal 22 Oktober 2018 bertempat di wantilan SMA Negeri 1 Sidemen, Desa Telaga Tawang, Kecamatan Sidemen, Karangasem, Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Benny Rahadian, S.E. bertindak sebagai nara sumber memberikan ceramah wawasan kebangsaan kepada Siswa-Siswi SMA dan SMP di Sidemen.

Pada kesempatan tersebut Dandim 1623/Karangasem menyampaikan tentang pengenalan wilayah negara yang ada di dunia dan wilayah Indonesia beserta kepadatan penduduk di tiap-tiap negara. Kemudian Dandim juga menjelaskan tentang kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia.

“Dengan luas wilayah yang terbentang dari Sabang sampai Merauke,   Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam yang kaya dan berlimpah”, ungkap Dandim.

Kekayaan alam yang berlimpah ini bila dikelola dengan baik maka akan bermanfaat untuk mensejahterakan warga negaranya sekaligus juga dapat menjadi rebutan oleh siapapun termasuk juga oleh negara lain.

Untuk itu Dandim mengajak kepada para generasi muda untuk menjaga sebaik mungkin kekayaan alam negara kita dan memanfaatkannya dengan efisien sehingga kesinambungannya akan terjaga.

Dandim juga menyampaian perjalanan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia (NKRI) dan perkembangan situasi negara saat ini di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan (Ipoleksosbud Hankam).

Di akhir penyampaiannya, Dandim juga menyinggung tentang empat konsensus kehidupan berbangsa dan bernegara yang terdiri atas Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Dandim mengajak para siswa untuk memahami empat hal tersebut. Lebih  khususnya lagi kita harus mampu  mengamalkan Pancasila pada kehidupan kita sehari-hari.

Sementara itu Pasiter Kodim 1623/Karangasem  Kapten Cpl I Gusti Made Darsana mengatakan, kegiatan Wasbang diikuti oleh Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Sidemen sebanyak 210 orang, Siswa SMP Negeri 1 Sidemen 20 orang dan Siswa SMP Negeri 2 Sidemen 20 orang.

“Total siswa-siswi yang mengikuti kegiatan wawasan kebangsaan ini sebanyak 250 orang”, ungkapnya.

Kapten Darsana juga menyampaikan kedepannya juga akan ada mater pembekalan lainnya kepada masyarakat dalam program TMMD Ke 103 di wilayah Sidemen tersebut.

Previous DPRD Bali Intrupsi, Praktek Ilegal Toko “Shopping” Mafia Tiongkok Ditutup
Next BTB Mengaku Solid, Namun Masalah “Agreement” Blunder

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *