Kasdam IX Udayana Tinjau Pelaksanaan TMMD Ke 103 Sidemen


Amlapura, suryadewata.com
Pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 103 Kodim 1623/Karangasem di Dusun Guminten, Kecamatan Sidemen, Karangasem mendapatkan peninjauan dari Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, Selasa (23/10).

Kasdam pada kesempatan ini didampingi beberapa pejabat terkait antara lain Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh A.M. Suharyadi, S.I.P., M.Si., Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf I Kadek Subawa, S.sos., Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Beny Rahadian, S.E.

Rangkaian peninjauan Kasdam diawali dengan menerima paparan pelaksanaan program TMMD Ke 103 yang disampaikan oleh Dandim 1623/Karangasem selaku Dansatgas TMMD tersebut.

Dandim menjelaskan dua sasaran yang dikerjakan yaitu berupa sasaran fisik pembangunan jalan sepanjang 3000 meter dengan lebar 7 meter serta pembuatan senderan di beberapa titik, untuk sasaran non fisik dititik beratkan pada  legiatan berbagai lomba dan penyuluhan yang materinya diisi oleh pihak Kodim dan instansi luar yang terkait.

Pada kesempatan itu Kasdam Brigjen TNI Kasuri mengingatkan kepada Dansatgas agar apa yang menjadi kesepakatan bersama antara pihak Kodim dengan Pemkab Karangasem terkait program dan sasaran TMMD, itulah yang harus dituntaskan.

Menurut Kasdam TMMD ini dibiayai dari anggaran APBD Kabupaten Karangasem, sehingga apa yang dihasilkan dari program TMMD kali ini bisa dipertanggungjawabkan dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat setempat.

Di akhir kegiatan Kasdam beserta rombonngan meninjau ke sasaran lokasi pembangunan jalan di Dusun Guminten yang nantinya akan menjadi akses bagi masyarakat dalam.melaksanakan kegiatan keagamaan menuju Pura Dwi Angga.

Kasdam juga menyempatkan untuk menyusuri jalan yang sudah dibangun dengan membelah gunung tersebut bersama dengan rombongan lainnya.

I Gusti Lanang Oka yang merupakan Prebekel Desa Sidemen yang juga bersama-sama hadir di lokasi kegiatan menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan TMMD ke 103 ini.

“Kami berterima kasih kepada bapak-bapak TNI yang telah bersama-sama kami masyarakat Dusun Guminten mengerjakan pembangunan jalan ini”, ungkapnya.

Dirinya juga menceritakan bahwa Pura Dwi Angga yang ada di ketinggian bukit merupakan pura yang sudah berusia ratusan tahun serta memiliki nilai sejarah.

Sebelum dibangunnya jalan tersebut, apabila masyarakat akan menuju  Pura Dwi Angga maka memanfaatkan jalan tradisional yang ada seperti hal jalan setapak menaiki bukit. Kami bersyukur saat ini dengan adanya Program TMMD kerjasama Kodim dan Pemkab Karangasem, saat ini kami dibangunkan akses jalan.

“Kami benar-benar berterima kasih pada program TMMD yang menjadi salah satu cara dalam percepatan pembangunan di pedesaan”,ungkap Gusti Lanang Oka yang baru saja dapat momongan bersamaan dibukanya kegiatan TMMD Ke 103 di Dusun Guminten, Sidemen.

Previous Wiranto : Sesuai Keputusan Pengadilan Ormas HTI Dilarang di Indonesia
Next Bhabinkamtibmas Penarungan Tebar Benih Ikan Lestarikan Lingkungan

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *