Wagub Bali Cok Ace Terima Panitia Karya Agung Panca Bali Krama Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur


SURYADEWATA.COM
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) menerima Panitia Karya Agung Panca Bali Krama Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur, di Ruang kerjanya, Senin (12/11).

Dalam laporannya terkait pelaksanaan karya, Ketua Umum Panitia Karya yang juga Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa menyampaikan bahwasannya Yasa Kerti Panca Bali Krama di Pura Sad Kahyangan yang terletak di Desa Adat Purwayu, Desa Tribuana, Abang Karangasem ini merupakan pelaksanaan untuk pertama kalinya.

Ditambahkannya Upacara Panca Bali Krama merupakan upacara yang tergolong utama dengan tujuan memohon harmonisasi unsur unsur Panca mahabhuta yang membentuk alam semesta berserta isinya.

Panca Bali Krama yang dikenal luas dilaksanakan setiap 10 tahun sekali bertepatan dengan Tilem Kesanga di Pura Agung Besakih, hal yang berbeda untuk Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur dimana Upacara Panca Bali Krama akan dilaksanakan bertepatan dengan Redite Kliwon Sasih Kawulu pada tanggal 20 Januari 2019.

“ Rangkaian upacara sudah dimulai dari bulan September ini dan hingga bulan Maret tahun 2019. Untuk itu kami harap seluruh umat dapat ikut berpartisipasi mensukseskan karya Agung ini sehingga karya berlangsung sukses dan lancar, “ imbuhnya.

Menanggapi laporan Panitia, Wagub Cok Ace yang didampingi Kepala Biro Umum Setda Provinsi Bali I Gede Darmawa dan perwakilan Biro Kesra Setda Provinsi Bali menyampaikan apresiasinya atas segala persiapan yang telah dilakukan pihak panitia.

Ditambahkannya bahwasannya setiap yadnya merupakan persembahan suci yang patut didukung dengan kesucian, keiklasan dan landasan mental yang baik yang tercermin dalam Tri kaya Parisudha. “Tujuan yadnya sangat utama, untuk itu mari kita lakukan Yasa Kerti ini dengan baik supaya dapat berjalan dengan rahayu rahajeng dan labda karya.

Pemprov Bali mendukung penuh pelaksanaan karya ini, saya minta persiapkan semua dengan sebaik baiknya . Seluruh umat Hindu juga saya harapkan dukungannya untuk kelancaran pelaksanaan karya agung yang suci ini, “ tuturnya.

Previous Kirab Pemuda Indonesia, Dandim Gianyar Bekali Peserta Wawasan Kebangsaan
Next Resmikan Patung Naga Sanga Amurwabhumi, Wagub Cok Ace Harap Jadi Destinasi Wisata Berkualitas

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *