Ini Cara Danramil Dawan Memberikan Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa Siswi SMAN 1 Rendang


Semarapura, suryadewata.com

Dalam rangka meningkatkan semangat bela negara terhadap siswa-siswi SMA Negeri 1 Rendang Kabupaten Karangasem, Danramil 1610-03/Dawan Kapten Cba Triono memberikan wawasan kebangsaan, Jumat (07/12), bertempat di Lapangan Tembak Pakse Bali, Klungkung.

Siswa-siswi yang menerima materi Wasbang berjumlah 40 orang tersebut merupakan para Pengurus Osis yang akan melaksanakan serah terima.

Dengan materi yang disampaikan berupa Pancasila sebagai landasan ideologi dan dasar negara, UUD RI 1945 sebagai landasan konstitusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kemudian Wawasan Nusantara  sebagai cakrawala pandangan hidup berbangsa dan bernegara, Ketahanan Nasional sebagai landasan konsepsi dasar berbangsa dan bernegara yang dikaitkan dengan semangat kepahlawanan generasi muda sebagai aset Bangsa Indonesia.

Menurut Kapten Cba Triono, wawasan kebangsaan dan  Pancasila harus dipahami sejak dini, karena untuk menanamkan ideologi kebangsaan yang kuat dan rasa cinta tanah air serta mengetahui dasar Negara Indonesia yaitu Pancasila kepada para siswa.

“Kita memberikan  memotivasi dan semangat kepada generasi muda dimulai dari pelajar untuk  memahami Pancasila dan bagaimana penerapannya, hidup berbhinneka tunggal ika dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kita”, ujarnya.

Di akhir penyampaiannya  Kapten Cba Triono menjelaskan bagaimana perjuangan para pejuang kita yang sudah memepertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan mengorbankan jiwa dan raganya, menjaga bangsa dan negara ini  dengan persatuan serta tidak saling membeda-bedakan satu sama lainnya sehingga di antara kita tidak terjadi  perpecahan yang kemudian musuh dengan gampang merebut negara kita.

Selama pelaksanaan kegiatan wawasan kebangsaan, seluruh siswa-siswi yang mengikuti sangat antusias terhadap materi yang disampaikan dan saling interaktif sehingga diharapkan sebagai generasi muda penerus Bangsa Indonesia mempunyai jiwa korsa yang kokoh serta semangat yang tinggi untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Previous Usai Berjuang, Kasdam IX/Udayana Sambut Kontingen Atletik dan Yongmoodo.
Next DPD RI Kembali Menggelar Forum Regional Diplomatic Meeting Tingkatkan Kerja Sama dan Investasi

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *