Pelantikan dan Napak Tilas Saka Wira Kartika Kodim Jembrana


Jembrana, suryadewata.com

Dandim 1617/Jembrana Letkol Kav Djefri Marsono Hanok memimpin upacara pembukaan perkemahan, napak tilas dan sekaligus pelantikan Saka Wira Kartika Lettu Dwinda Tahun 2018 Kodim 1617/Jembrana, Senin (17/12), bertempat di Lapangan Kipan C Yonif Mekanis 741/GN Kelurahan Pendem, Jembrana.

Perkemahan napak tilas tersebut berlangsung selama tiga hari dari tanggal 17 sampai dengan 19 Desember 2018 dilaksanakan secara sederhana namun diharapkan nilai-nilai yang terkandung didalamnya tidak boleh luntur sedikitpun.

“Mudah-mudahan menjadi motivasi dan mendorong kepada adik adik semua dalam melaksanakan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan baik secara mental dan spiritual”, ungkap Dandim.

Kegiatan ini juga sekaligus dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika tahun 2018 untuk mengenang kembali semangat bertempur dan patriotisme Panglima Besar Jenderal Soedirman melawan dan mengusir Sekutu dari Kota Ambarawa.

“Keteladanan seperti ini yang dimaksudkan diwariskan kepada generasi muda serta mampu menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air”, tegas Dandim.

Dandim juga menghimbau selama kegiatan tetap mengutamakan faktor keamanan, baik dalam perjalanan nanti dan mematuhi aturan-aturan, serta perintah dari pembina maupun pelatih.

“Dalam kegiatan ini dapat dijadikan sebagai suatu pedoman ikatan persaudaraan dan kerja sama perorangan maupun kelempok”, harapnya.

Kepada para pembina dan pendamping, dirinya juga menekankan untuk selalu mengutamakan faktor keamanan sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Salah seorang Pembina Saka Wira Kartika Pelda Wayan Sudiastra mengatakan, Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu satuan yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara.

Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat, kemudian membentuk patriot bangsa yang setia, berbhakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI

Dalam upacara pelantikan tersebut selain dihadiri Dandim 1617/Jembrana Letkol Kav Djefri Marsono selaku Ketua Majelis Pembina Saka Wira Kartika Lettu Dwinda Kodim 1617/Jembrana, juga dihadiri oleh Ka Korum Kipan C Lettu Inf Fery Supendi, Kapolres Jembrana diwakili Kasat Bimas AKP Dewa Gede Kartika, Pasi Ter Kodim 1617/ Jembrana Kapten Chb Karyanto, serta Keluarga besar Saka Wira Kartika Kodim 1617/Jembrana berjumlah 130 orang.

Previous Wagub Cok Ace Harap Kerjasama Bali dan Hungaria Bisa Tingkatkan Kunjungan Wisata ke Bali
Next Ibu Waka Polres Badung Kunjungi Panti Asuhan Widhiasih, dalam rangka Peringati Hari Ibu ke 90.

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *