IB Parwata Purna Kadis DPMPTSP Bali, Lanjutkan Inovasi Menuju Pelayanan Terbaik


Denpasar, suryadewata.com

Kepala Dinas (Kadis) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Bali Ida Bagus Made Parwata telah memasuki purna tugas yang digantikan dengan Plt. Dewa Putu Sunarta yang kini juga menjabat sebagai Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Bali.

Ia mengharapkan, penggantinya dapat melakukan inovasi dan terobosan yang jitu sehingga pelayanan kepada masyarakat semakin baik.

Selama ini, pihaknya telah berupaya melakukan pelayanan yang terbaik dengan cepat dan transaparan.

“Lanjutkan yang baik, lengkapi yang kurang dan sempurnakan,” tegasnya.

Hal itu diungkapan ketika perpisahan dirinya bersama seluruh DPMPTSP Bali sekaligus perayaan menyambut tahun baru 2019 di Denpasar, Senin (31/12).

Selama kepemimpinannya telah berhasil meraih penghargaan “Adhyasta Prajaniti” sebagai peringkat ketiga.

Penghargaan dari Pemerintah Provinsi Bali atas hasil pengawasan dan pengendalian dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih pada tahun 2017.

“Prestasi itu diraih berkat dukungan staff dan pegawai dalam melakukan inovasi pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Pada penilaian tersebut, pihaknya akan membangun program inovasi Elektronik Gojek Perizinan (E-Gozin) dalam mendukung pelayanan Online Single Subsimission (OSS) atau sistem perizinan terintegrasi secara elektronik.

E-gozin akan mengatur perijinan penelitian mahasiswa untuk sikripsi dan disertasi.

Pengiriman perijinan sudah bekerjasama dengan JNE yang sudah biasa melakukan pengiriman secara profesional.

“Upaya itu dalam menjngkatkan kualitas pelayanan publik dan memudahkan mengurus ijin dengan memanfaatkan teknologi secara online,” ujarnya.

Hal itu sebagai bentuk implementasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 11 Tahun 2015 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

Ia mengharapkan, pengurusan ijin tersebut berlangsung secara online, bahkan bisa selesai dalam sekejap sepanjang mengikuti Standard Prosedur Pelaksanaan (SOP).

“Semua proses itu, kami tidak ada pungutan apapun, maka hasil pembayaran dibuktikan dengan Rp0,” ujarnya didampingi Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggara Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan B DPMPTSP Desak Nyoman Marhaeni Putri.

Dengan layanan itu, tidak ada praktek-praktek kurang sehat yang dapat menghambat pertumbuhan investasi.

Selain itu, DPMPTSP juga pernah sebagai Role Model Baik dari Menteri Pariwisata (Menpar), Investemen Award dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia (RI) Tahun 2014 dan
dua kali Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Paling Taat Peraturan Undang-Undang (UU) dari Ombudsman Tahun 2014 dan 2016 dengan nilai 96 penilaian.
Bahkan pribadinya sebelumnya sebagai Kepala Samsat Badung Tahun 2003 sempat meraih Juara I Citra Pelayanan Prima 10 Besar Terbaik di Indonesia ketika Presiden Megawati Sukarno Putri dan Gubernur Dewa Beratha.

Menjabat sebagai Kepala Sub Dinas Pendidikan Luar Sekolah meraih Juara III Pengentasan Buta Aksara Tingkat Nasional Tahun 2006 ketika Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali TIA. Kusumawardhani.

Sebelumnnya, Kepala Bagian Industri dan Pariwisata Biro Perekonomian Setda Provinsi Bali mendapat
Juara I Gugus Pengendali Mutu Industri Kecil Tahun 1993- 1994 ketika Presiden Suharto, Menteri Perindustrian Tungki Ariwibowo dan Gubernur Bali IB Oka.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan pertumbuhan investasi Bali agar terus membaik yang kini jumlahnya sudah melampoi rata-rata nasional yakni enam persen, dibandingkan dengan nasional kurang dari enam persen.

“Sebenarnnya Bali masih bisa lebih tinggi, asalkan syarat-syarat investasi dapat diperbaiki,” ujarnya.

Menurutnya, Bali menjadi daya tarik tersendiri dari para investor, dimana investasi kebanyakan bergerak bidang pariwisata. (ART)

Previous Tampil Musisi Orpicka, Antusias Penggemar Musik Era 70-an
Next Kuasai Kondisi Wilayah Jelang Pileg/Pilpres 2019, Arahan Kapolres Bangli kepada Bhabinkamtibmas

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *