Usulan Ganti Nama LPD, Gubernur Koster: Jangan Dipolitisir


Denpasar,suryadewata.com

Gubernur Bali Dr Ir Wayan Koster MM menegaskan agar tidak ada pihak yang mempolitisir usulannya terkait mengubah nama LPD (Lembaga Perkreditan Desa) menjadi Labda Pacingkreman Desa.

“Sama sekali tidak ada niat untuk menghilangkan jejak sejarah Gubernur Bali terdahulu yakni, Bapak IB Mantra,” ujar Gubernur Koster pada acara ‘Rapat Paripurna Ke-3 DPRD Provinsi Bali yang berlangsung di Ruang Rapat Utama DPRD Provinsi Bali, Selasa (22/1/2019).

Rapat ini membahas tentang jawaban Gubernur terhadap pandangan Umum Fraksi terhadap
1. Raperda tentang Desa Adat.
2. Raperda tentang Kontribusi Wisatawan untuk Pelestarian Lingkungan Alam dan Budaya Bali.

Selanjutnya Gubernur Koster yang sekaligus Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali menyatakan, jika dilihat dari literatur maka Lembaga Perkreditan Desa merujuk pada nama perbankan atau lembaga keuangan. Selama ini, pada praktiknya, LPD ini menjalankan kegiatan simpan pinjam untuk anggotanya.

Sementara itu, nama Labda Pacingkreman Desa itu merujuk pada kearifan lokal dan akan dibenahi tata kelolanya agar unit usahanya pun lebih meluas. Tidak sekedar menjalankan kegiatan simpan pinjam.

“Dan kalau ada pelanggaran, maka akan dikembalikan pada desa adat. Misalnya, ada yang melakukan korupsi atau menyalahgunakan kewenangan, maka ada hukum desa adat yang mengatur,” ujar Gubernur Koster.

Dia melanjutkan, dengan mengubah menjadi Labda Pacingkreman Desa  maka “full’ akan menggunakan hukum desa adat untuk mengatur tata kelolanya. Sekaligus full di bawah peraturan desa adat.

“Ini saya lakukan dengan hati tulus, sebagai langkah proteksi dan perlindungan demi keberlanjutan desa adat dengan regulasi yang lebih kuat,” kata Gubernur Koster sembari sekali berpesan agar tidak ada yang mempolitisir hal ini. (LE-DP)

Previous Pangdam Terima Kunjungan Kepala OJK dan Kakanwil Kementerian Kumham RI Wilayah Bali.
Next Bali Punya Reputasi Bagus dalam Hasil Pemeriksaan Laporan Keuanga

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *