TOSS Solusi Penanganan Sampah Plastik



Klungkung , suryadewata.com

Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) solusi masa depan dalam mengimplementasikan Peraturan Gubernur (Pergub)  tentang Pembatasan Timbulan Plastik Sekali Pakai.

Hal itu sudah diterapkan oleh Kabupaten Klungkung bekerjasama TOSS Gema Santi dengan Sekolah Tinggi Teknik (STT) Perusahaan Listrik Negara (PLN) & PT Indonesia Power bidang “Management and Waste to Energy” untuk mengatasi sampah.

“Metode ini sangat sederhana dan menuntaskan permasalahan sampah yang sering dibicarakan selama ini,” kata Kepala Projek Manager TOSS Bali Lalu Aprian Hamdani di Klungkung, Selasa (29/1).

Gerakan TOSS Desa dapat memunaskan seluruh di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan merubahnya menjadi lahan bermanfaat.

Mengubah sampah menjadi pelet dengan kalori 339-4509 kcal/kg serta menjadi solusi bagi pencemaran emisi gas methan yang ditimbulkan dari penumpukan sampah dimana dampaknya 21 kali lebih kuat daripada karbondioksida (CO2).

Upaya itu juga dapat membangun kemandirian energi dengan memberdayakan penduduk untuk menjadi pengusaha listrik swasta skala rakyat secara gotong royong dan membuka lapangan pekerjaan bidang ketenagalistrikan bagi masyarakat desa.

“Metode ini cocok diterapkan di pedesaan sesuai dengan pembangunan Presiden Jokowi dan mampu juga mengolah sampah dalam skala besar seperti TPA Suwung,” ujarnya.

Prosesnya dimulai dari Peuyeumisasi (proses fermentasi), proses pencacahan, dan peletisasi.

Kaitannya dengan mesin Pelet, STT PLN juga telah melakukan penelitian dan membuat standarisasi mesin pelet beserta kualitas mesin pelet yang dibutuhkan untuk keperluan jual-beli kepada PT Indonesia Power. (ART)

Previous Solusi Penanganan Sampah Plastik
Next Wagub Cok Ace Tegaskan Peran Penting Asosiasi Hotel dan Restoran Jaga Iklim Pariwisata

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *