Gubernur Koster : Jangan Malu Memakai Busana Bali


Denpasar, suryadewata.com

Gubernur Bali Wayan Koster menegaskan agar masyarakat tidak malu dalam menampilkan identitas kebalian dalam kehidupan sehari-hari.

“Jangan malu memakai busana Bali karena ini warna budaya kita. Ke depan menjaga bahasa dan aksara Bali pun harus dikuatkan agar tidak terdegradasi zaman, ” ujar Gubernur Koster pada acara pembukaan Bulan Bahasa Bali,  yang dilangsungkan di Gedung Ksirarnawa, Art Center, Denpasar,  Jumat  (1/2/2019).

Gubernur yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali melanjutkan bahwa pihaknya senantiasa akan memegang komitmen untuk
melindungi Krama, Budaya dan Alam Bali.

Hal ini harus dijalankan secara sungguh-sungguh, dengan didukung oleh peraturan daerah atau Pergub. Jadi semua peraturan daerah atau Pergub harus mengacu pada upaya menjaga dan melindungi Krama, Budaya dan Alam Bali.

Gubernur Koster melanjutkan bahwa yang sudah disahkan ada Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Bahasa Bali.

Selanjutnya, Pergub No 97 Tahun 2018 mengenai pembatasan timbulan sampah plastik sekali pakai.

Sementara mengenai pemasaran produk masyarakat, diatur dalam Pergub No 99 Tahun 2018. Ini bertujuan ada petani, peternak, nelayan dan pelaku usaha kecil menengah memiliki sarana untuk memasarkan produk.

“Saat ini, tengah disusun 22 peraturan daerah dan peraturan gubernur untuk menata fundamental pembangunan Bali. Karena sudah ada degradasi pada Alam, Budaya dan krama Bali. Ini menyangkut ruh, jiwa bali. Untuk ngajegang gumi Bali. Makanya setahun ini saya fokus kerjakan, tahun berikutnya baru turun ke masyarakat,” katanya.

Hadir pada acara ini Wagub Cok Ace,
Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster, anggota DPRD Provinsi Bali Nyoman Parta dan sejumlah sulinggih.

Previous Satriya Dwi Pranayoga Caleg Muda Partai Hanura Sasar Pemilih Kaum Millenial
Next Pentingnya Nilai Pancasila : Toleransi dan Kerukunan, Serta Gerakan Melawan Hoax

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *