Jelantik: Pementasan Joged Berkolaborasikan Genjek Bagian Pelestarian Seni Budaya


btrmdn

DENPASAR, suryadewata.com

Banjar Kebon Kuri Mangku, Keluraham Kesiman akan mengadakan pengundian kupon beradiah dalam penggalian dana balai banjar yang akan diisi dengan joged kolaborasi genjek dari Skaa Suara Gita, Banjar Tohpati Kesiman Denpasar Timur, Sabtu (16/2).

Menurut Kelian Adat Banjar Kebon Kuri Lukluk, Kelurahan Kesiman, I Wayan Jelantik, dengan di adakannya pementasan joged kolaborasi genjek ini selain akan dapat menghibur warga. Pementasan joged ini juga bagian dari pelestarian seni budaya khususnya di Kota Denpasar. “Sebelum akan dilaksanakan pementasan joged kolaborasi genjek, para peserta terlebih dahulu mengadakan latihan yang diadakan di rumah aspirasi I Wayan Jelantik yang juga caleg DPRD Kota Denpasar dapil Denpasar Timur dari Partai PDI-P nomor urut 8,” kata Jelantik, Jumat (15/2).

Lanjutnya, didirikan rumah aspirasi ini tidak lain adalah untuk menyerap seluruh aspirasi masyarakat Kota Denpasar. Semoga apa yang menjadi rumah aspirasi ini nantinya akan bermanfaat buat masyarakat Kota Denpasar terutamanya masyarakat yang ada di Kelurahan Kesiman. “Pelestarian seni budaya lainya yang sudah dilaksanakan adalah dengan menggelar lomba petakut, sunari, dan pindekan di Desa Intaran, Sanur Kauh dengan melibatkan sejebag pekaseh se-Kota Denpasar,” terangnya.

Jelantik menambahkan, pelestarian seni budaya seperti ini akan terus diwujudkan di Kota Denpasar. Karena kita tahu, kalau di Kota Denpasar banyak masyarakatnya memiliki jiwa seni tidak hanya di tarik suara, tabuh, dan tari. Kesenian lainya juga seperti membuat berbagaimacam kerajinan. “Bahkan nantinya kawasan yang ada di Kota Denpasar yang bisa dijadikan obyek kunjungan wisata akan terus dikembangkan dan dilestarikan dengan baik nantinya,” tambahnya.

Jelantik menjelaskan, pementasan joged berkolaborasi dengan genjek yang menjadi menarik adalah alunan suara musik yang terdengar cukup merdu. “Bahkan para penari yang mengiringi alunan suara para penabuh joged berkolaborasi genjek tersebut menari dengan indah dan gemulainya. Karena Saya tahu, kalau memadukan kedua unsur antara joged dan genjek sangatlah sulit yakni harus membutuhkan latihan berhari-hari,” jelasnya.

Semoga apa yang menjadi bagian dari pelestarian seni budaya ini bisa terus dikembangkan dimasyarakat, tidak hajya di Kota Denpasar dan Bali, namun di luar Bali juga. Jika nantinya terpilih maju menjadi anggota DPRD Kota Denpasar, selain memajukan masyarakatnya tentu yang akan terus dimajukan dan dikembangkan adalah pelestarian seni budaya. Bdi

Previous Gung Intan: Siap Akan Melayani Masyarakat Dengan Sepenuh Hati
Next Pangdam IX/Udayana Terima Audensi Kepala DJBC Bali, NTB, NTT.

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *