Gubernur Koster Luncurkan JKN-KBS, Layanan Gratis Kesehatan Masyarakat Bali


Denpasar – suryadewata.com

Pemerintah Provinsi Bali meluncurkan Jaminan  Kesehatan Nasional – Krama Bali Sejahtera (JKN-KBS) gratis kepada seluruh masyarakat Pulau Dewata.

“Program memberikan pelayanan kesehatan gratis pertama secara sekala dan niskala (tradisional),” kata Gubernur Bali Wayan Koster di Denpasar, Rabu (27/2).

Hal itu disampaikan ketika peresmian Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 104 Tahun 2018 tentang JKN-KBS.

Kebijakan baru di bidang pelayanan kesehatan JKN-KBS tersebut memiliki kelebihan (on-top) dari pelayanan kesehatan yang dilaksanakan dengan Perpres 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan.

Hal itu juga sebagai Program Prioritas dari 5 (lima) Bidang Program Prioritas dalam Pola Pembangunan Semesta Berencana sesuai dengan Visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” menuju Bali Era Baru.

Program Pelayanan Kesehatan JKN-KBS ini merupakan peningkatan pelayanan kesehatan kepada Krama Bali yang berkaitan dengan Jana Kerthi,  yang dilaksanakan secara terintegrasi dalam satu kesatuan wilayah Bali; 1 pulau, satu pola, dan satu tata kelola.

Upaya itu menjamin seluruh kesehatan masyarakat dengan menyiapkan anggaran sebesar Rp. 495 Miliyar.

Dengan pola pembagian beban yaitu Pemerintah Provinsi sebesar Rp. 170 Miliyar dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Bali sebesar Rp. 325 Miliyar yang sudah disiapkan dalam APBD Tahun 2019.

Program Pelayanan Kesehatan JKN-KBS menjangkau sebanyak 4.192.457 Krama Bali dari total penduduk Bali yang berjumlah 4.245.108 atau telah mencapai target minimum sebesar 95 persen.

Namun, masuk tahun 2020 agar mencapai target 100 persen.

“Pelayanan kesahatan ini membenahi program kesehatan nasional, JKN-KBS tidak ada lagi menggunakan sistem rujukan bertingkat, sistem terintegrasi dan online,” tutupnya.

Previous Ada Lomba Lagu Bali Anak-Anak Di Kegiatan TMMD Ke 104 Kodim Bangli
Next KPU Badung Temukan 336 Lembar Surat Suara Rusak

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *