Wayan Jelantik: Berdayakan Pecalang Ciptakan Keamanan di Kelurahan Kesiman


DENPASAR, suryadewata.com

Keberadaan Pecalang dalam kehidupan di Desa Pakraman terutamanya di Kelurahan Kesiman sangat penting untuk menjaga keamanan, ketertiban dan rasa aman.

“Apalagi peran Pecalang dalam menjaga keamanan dan ketertiban Desa Pakraman meliputi memberikan perlindungan dan pengamanan dalam hubungan pelaksanaan tugas adat dan agama,” ujar I Wayan Jelantik selaku calon legeslatif (caleg) DPRD Kota Denpasar dapil Denpasar Timur nomor urut 8, Sabtu (16/3).

Dikatakan, dalam pelaksanaan perannya tersebut, Pecalang Desa Pakraman di Kelurahan Kesiman memiliki wewenang untuk menindak krama yang melakukan pelanggaran di Kelurahan Kesiman.

“Begitupula dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kelurahan Kesiman, para Pecalang disini juga sudah rutin melaksanakan pelatihan yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta keterampilan anggota Pecalang,” terang Ketua Majelis Utama Subak Kota Denpasar.

Lanjut Wayan Jelantik, biasanya peran Pecalang lainya selain menjaga keamana wilayahnya terutama di Kelurahan Kesiman adalah ikut menjadi pengelola parkir kalau ada hajatan-hajatan besar yang dibuat oleh masyarakat di Kelurahan Kesiman.

“Melihat kondisi tersebut, maka peran Pecalang dalam menjaga keamanan lingkungan patut diacungkan jempol. Bila perlu jasa-jasa para Pecalang dalam menjaga kemanan lingkungan juga patut dihargai,” imbuhnya.

Wayan Jelantik menjelaskan, mengundang para Pecalang di Kelurahan Kesiman adalah salah satu bentuk hubungan kebersamaan. Karena baginya, apapun tugas kita di Kelurahan Kesiman patut dibanggakan dan disukuri.

“Sebagai masyarakat di Kelurahan Kesiman pada intinya adalah Ngayah. Kalau konsep Ngayah terus kita utamakan di Kelurahan Kesiman tentu akan bisa menjaikan cerminan buat orang banyak terutamanya masyarakat Kota Denpasar. Apalagi kita menginginkan agar Kelurahan Kesiman menjadi kawasan yang nyama, aman, asri, dan juga dikagumi sebagai kawasan pertanian yang nantinya bisa memiliki daya tarik sebagai kawasan kunjungan wisatawan sebagai salah satu obyek wisata,” jelasnya.

Ditambahkan, sebagai bagian wujud pelestarian seni budaya dan adat-istiadat di Desa Pekraman Kelurahan Kesiman sangat diperlukan peran serta Pecalang. Karena tugas dan tanggung jawan Pecalang dalam menjaga keamanan lingkungan sangat berat dimasa sekarang ini.

“Jadi jangan pernah sekalipun melupakan peran serta Pecalang sebagai bagian wujud pelestarian seni budaya dan adat-istiadat di Desa Pekraman Kelurahan Kesiman,” tambahnya. SUS

Previous Sari Galung: Dukung Program Pemkot Gemar Tersyantik DisKes
Next AHY : 14 Program Prioritas Partai Demokrat Untuk Rakyat

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *