Kodim Gianyar Ngayah Mereresik Di Pura Bukit Dharma Durga Kutri


Gianyar, suryadewata.com

Serangkaian menyambut HUT Ke 62  Kodam IX/Udayana Tahun 2019 berbagai kegiatan dilakukan oleh satuan Jajaran Kodam IX/Udayana, diantaranya karya bakti bersih-bersih atau mereresik di Pura Kahyangan Jagat Bukit Dharma Durga Kutri Banjar Buruan, Desa Blahbatuh, Gianyar Kamis (02/05).

Kegiatan bersih-bersih atau mereresik dalam rangka HUT Ke 62 Kodam IX/Udayana melibatkan anggota Kodim 1616/Gianyar, anggota Polsek Blahbatuh, anggota Yonzipur 18/YKR, anggota BPBD Kabupaten Gianyar, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Gianyar, Pramuka Saka Wira Kartika, Lembaga Sosial Masyarakat Trash Hero dan masyarakat Desa Pekraman Kutri.

Di Pura Kahyangan Jagat Bukit Dharma Durga Kutri yang terletak di Desa Buruan, Blahbatuh tersebut, setiap menjelang Hut Kodam IX/Udayana selalu digunakan sebagai tempat penjamasan atau penyucian Pataka Kodam IX/Udayana yang bernama Prajaraksaka.

Sebagai persiapannya maka hari ini (Kamis, 02/05) diadakan bersih-bersih atau mareresik di areal Pura yang sangat disucikan dan memiliki nilai sejarah tersebut.

Bendesa Adat Desa Pekraman Kutri Jembong Arimbawan mengatakan, kegiatan mereresik oleh anggota Kodim 1616/Gianyar setiap tahun dilakukan dan dirinya selaku Bendesa Adat menghaturkan banyak terima kasih atas partisipasi satuan Kodim 1616/Gianyar sehingga pada saat malam penyucian Pataka Kodam IX/Udayana dapat dilaksanakan dengan hikmat.

Dirinya beserta Krama Pengempon Pura Bukit Dharma Durga Kutri siap untuk memfasilitasi kegiatan tersebut.

“Kepedulian Kodam IX/Udayana dapat bermanfaat bagi kelestarian Pura Kahyangan Jagat Bukit Dharma Durga Kutri”, ujar Bendesa I Wayan Jembong Rimbawan

Sementara itu Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav. Asep Noer Rokhmat, S.E.,M.M., mengatakan bahwa kegiatan karya bakti ini, di samping untuk menyambut Hut Kodam IX/Udayana, juga bertujuan untuk ngaturan ayah membantu  memelihara kebersihan lingkungan Pura Durga Kutri sehingga kebersihan dan kesucian Pura dapat tetap terpelihara.

“Kami mewakili seluruh anggota dan Kodam IX/Udayana mengucapkan banyak terima kasih kepada Bendesa Adat serta warga Pengempon Pura Durga Kutri atas kerjasamanya selama ini dan semoga kita semua senantiasa diberkati oleh Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap melaksanakan aktifitas”, kata Dandim 1616/Gianyar.

Previous Kapolres Badung Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Pengabdian Dan Pemberian Reward/Penghargaan Anggota Berprestasi
Next Pelanggaran Marka & Rambu - Rambu Lalu Lintas Dominasi Ops Keselamatan Agung 2019.

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *