Baksos FT UNR di Desa Riang Gede Mahasiswa Tidak Hanya Pintar Tapi Siap Terjun Kemasyarakat


Tabanan , suryadewata.com

Fakultas Teknik (FT) Universitas Ngurah Rai (UNR) Denpasar dengan dua Program Studi (Prodi) yang dimiliki yakni Prodi Teknik Arsitektur dan Teknik Sipil, pada tanggal 6 Juli 2019 mengadakan Bakti Sosial (Baksos) di Desa Riang Gede, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan.

“Baksos yang diadakan tersebut diikuti sebanyak 230 orang mahasiswa dengan didampingi beberapa dosen pembimbing. Lokasi baksos tersebut dipilih karena sesuai dengan Memorandum of Understanding (MoU)
antara FT UNR dengan Kepala Desa Riang Gede yang ditandangani pada bulan November 2018 lalu,” ujar Dekan Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai, Ir. I Gusti Made Sudika, MT, Senin (8/7) di kampus setempat.

Dikatakan, dilaksanakanya baksos ini adalah bagian dari kelompok masyarakat, sebab mahasiswa tidak hanya harus pintar di bangku kuliah tetapi juga harus cekatan, luwes, dan siap terjun kembali ke masyarakat.

Selain itu, mahasiswa tidak hanya harus dibekali dengan ilmu pengetahuan semata yang membuat mereka cerdas secara teori tetapi sebagai insan cerdik cendikia baik mahasiswa maupun dosen juga harus dapat membaca dan memberi solusi atas masalah yang dihadapi masyarakat dengan kemampuan sosialisasi yang harus terus dilatih selama menuntut ilmu di bangku kuliah,” terangnya.

Dijelaskan, baksos yang dilakukan berkaitan dengan MoU tersebut adalah untuk mengatur bahwa selama 4 tahun berturut-turut, FT UNR akan melakukan pengabdian masyarakat di lokasi tersebut yang temanya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Desa Riang Gede.

“Bahkan, di tahun 2019 saja sudah ada beberapa jenis pengabdian yang sudah dilakukan di Desa Riang Gede diantaranya mural art (melukis dinding) PAUD Kumara Santhi, pembuatan gambar peta di Dusun Riang Kaja, pengobatan gratis, pengecekan kesehatan (cek gula darah, tekanan darah, dan kolesterol), pembuatan gambar, RAB balai kulkul, tembok penyengker banjar, sensus penduduk untuk penyusunan Data Dasar Keluarga (DDK) dan screening penyakit tubercolosis. Khusus untuk pendataan penyakit tubercolosis, FT UNR selalu didampingi oleh PPTI (Perhimpunan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia) Bali dalam penyediaan brosur bahaya penyakit TBC dan isian pertanyaan sensus. Sekaligus bertujuan memupuk rasa kewaspadaan penduduk terhadap bahaya penyakit TBC,” jelasnya.

Ditambahkan, pada saat pelepasan peserta baksos FT UNR 2019 di Kampus UNR, Rektor UNR, Dr. Drs. Nyoman Sura Adi Tanaya, M.Si berpesan agar baksos FT UNR harus menjadi pelita penerang kehidupan masyarakat Desa Riang Gede. Karena FT UNR dengan keunikannya harus mampu memberikan warna baru dan berbeda pada kegiatan pengabdian masyarakat.

“Pada saat pelaksanaan baksos, FT UNR juga menyumbangkan bantuan fisik yaitu penyerahan peta dusun, bantuan alat tulis untuk PAUD “Kumara Santhi”, serta bola untuk sepak bola kepada STT Kumbarika Dusun Riang Kaja,” tambahnya.

Kemudian, Made Sudika juga mengimbuhkan terkait suksesnya pelaksanaan baksos FT UNR 2019 ditunjukkan dengan tingginya antusiame penduduk Desa Riang Gede untuk mendukung kegiatan. Banyak penduduk yang hadir ke Balai Banjar Riang Kaja untuk menghadiri pengobatan gratis dan pengecekan gula darah, tekanan darah dan kolesterol yang dilangsungkan dengan kerjasama FT UNR dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan dan Puskesmas Penebel II.

Ucapan terima kasih juga tak lupa disampaikan Sekretaris Desa Riang Gede pada saat penutupan kegiatan atas di hadapan mahasiswa, dosen dan perangkat desa yang lain atas kehadiran fakultas Teknik dan bantuannya selama ini. Bagi masyarakat yang ingin melanjutkan studinya, saat ini FT UNR kembali membuka pendaftaran Maba (Mahasiswa Baru) baik Prodi Teknik Sipil maupun Prodi Arsitektur. Bahkan untuk tahun depan sudah direncanakan akan membuka Prodi baru yakni Prodi Teknik Informatika. SUS

Previous Penemuan Air Terjun Di Lokasi TMMD Desa Nyanggelan Berpotensi Jadi Tempat Wisata Baru
Next Gubernur Koster Berharap Masyarakat Ikut Beri Evaluasi Kritik dan Saran Konstruktif Agar PKB Lebih Berkualitas

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *