Kapolsek Dewa Suryatmaja Beri Wawasan Kebangsaan Di SMKN 1 Petang


Badung, suryadewata.com

Kapolsek Petang AKP I Dewa Made Suryatmaja, SH menjadi Inspektur Upacara pada pelaksanaan upacara pengibaran bendera Merah Putih di SMKN 1 Petang, Desa Plaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali. Senin (07/10).

Dalam sambutannya Kapolsek Petang menyampaikan tentang pentingnya menjaga kebersihan mulai dari diri sendiri, lingkungan sekolah serta taat kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan patuh terhadap nasehat guru dan orang tua.

“Rajin belajar, serta berlatih untuk tertib dan disiplin merupakan hal yang harus di perhatikan oleh para siswa,” ungkap Dewa Suryatmaja.

Selanjutnya kata Inspektur Upacara yang baru 1 bulan menjabat ini mengatakan, bahwa pada upacara bendera, biasanya ada jadwal pergantian siswa-siswi yang menjadi petugas upacara. Salah satunya adalah menjadi pemimpin upacara. “Saat menjadi pemimpin upacara, siswa tersebut dituntut bisa memimpin jalannya upacara dengan baik. Dengan inilah, para siswa dapat merasakan dan berlatih untuk menjadi seorang pemimpin.” paparnya.

Ia juga menjelaskan pentingnya wawasan kebangsaan dengan memahami Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari – hari.

Wawasan kebangsaan yang maksud disini para siswa diajak untuk memahami kalau indonesia adalah bangsa yang satu, bahasa yang satu yang didalamanya merupakan satu kesatuan Politik, Ekonomi, Sosial Budaya dan Pertahanan Keamanan.

“Wawasan kebangsaan lahir ketika bangsa Indonesia berjuang membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan, seperti penjajahan oleh Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang yang tidak sedikit mengorbankan harta dan jiwa” ungkapnya

Pancasila digunakan untuk menjadi dasar dalam mengatur segala bentuk arah dan gerak pemerintahan negara yang bertujuan untuk mengatur setiap penyelenggaraan dalam bernegara.

Di sampaikan juga kepada siswa siswi SMK N 1 Petang ini, bahwa apabila Pancasila sudah di amalkan dalam kehidupan dalam bermasyarakat di jamin negara yang kita cintai ini akan aman tentram dan sejahtera.

Kepala Sekolah SMK 1 Petang ini menyampaikan terima kasih banyak atas dukungan dari bapak-bapak Kepolisian, sehingga putra putri kami bisa membentengi dirinya sejak dini. “Semoga ini juga ditanamkan di daerah lain karena bermanfaat bagi generasi muda yang nanti kan menjadi penerus bangsa ini,” katanya menutup.

 

Previous Kodim Jembrana Terima 7 Unit Motor Trail Tunjang Operasional Babinsa
Next Polres Berikan Bantuan Kepada Atlet Kodim 1626 Bangli Serka Dewa Astawa

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *