Penanaman Mangrove Dalam Rangka HUT Ke 74 TNI


Denpasar-suryadewata.com

Masih dalam rangkaian Hari Ulang Tahun atau Hut Ke 74 TNI dilaksanakan kegiatan karya bakti penanaman 5000 Pohon Mangrove yang ditanam di eks reklamasi Pelindo III di areal pesisir utara Pelabuhan Benoa Senin, (07/10).

Karya bakti penanaman Mangrove atau Bakau ini, merupakan kegiatan serentak di seluruh wilayah Indonesia dengan menargetkan penanaman 344.000 pohon Mangrove sementara untuk wilayah Bali ditanam 5000 pohon.

Gubernur Bali Wayan Koster bersama Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., dan sejumlah undangan lainnya baik dari kalangan pemerintah, TNI, Polri dan masyarakat hadir pada kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya Pangdam IX/Udayana mengatakan kegiatan ini merupakan implementasi dari pembinaan teritorial dan pembinaan potensi maritim yang sudah menjadi tugas pokok TNI, khususnya dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat dan pemerintah daerah serta untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup dan mengurangi dampak pemanasan global.

Harapannya agar kegiatan ini bisa dilaksanakan berkelanjutan. Mangrove yang ditanam agar tumbuh subur serta dapat bermanfaat dan dapat dimanfaatkan bagi masyarakat khususnya masyarakat Benoa.

Tak lupa Pangdam mengajak seluruh komponen masyarakat untuk senantiasa menjaga lingkungan hidup agar selalu bersih dan nyaman.

Sementara itu Gubernur Bali Wayan Koster menjelaskan rencana untuk membuat Hutan Kota di kawasan eks reklamasi Pelindo III. Kawasan tersebut akan dijadikan hutan kota yang hijau. Dari 45 hektare yang ada 49 persen akan dijadikan areal penanaman beraneka jenis tumbuhan dan sisanya sebagai fasilitas pendukung Pelabuhan Benoa.

“Total ada 22 hektare yang akan dijadikan kawasan hutan kota, wilayah ini akan dijadikan kawasan hutan kota, wilayah ini akan ditananami tumbuhan yang cocok dikembangkan di daerah ini agar hijau”, sebut Gubernur.

Gubernur Bali mengapresiasi kegiatan ini sekaligus juga berkomitmen atas dukungan Pangdam IX/Udayana dan jajaran kepada program Pemerintah Provinsi Bali sesuai dengan visi Nangun Sat Kertih Loka Bali, yaitu menjaga kesucian dan keharmonisan alam.Bali menuju Bali yang bahagia sejahtera sekala dan niskala.

Usai melakukan penanaman Pangdam dan rombongan melaksanakan video conference dengan Panglima TNI yang berada di Pantai Indah Kapuk Jakarta, untuk melaporkan kegiatan pelaksanaan karya bakti penanaman Mangrove dalam rangka HUT Ke 74 TNI di wilayah Bali.

Kegiatan karya bakti kali ini diikuti 1500 orang dari berbagai komponen dan instansi yaitu TNI, Polri, unsur pemerintah dan masyarakat. Turut hadir juga di lokasi Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh A.M. Suharyadi, S.I.P., M.S.I., Danlanal Denpasar Kolonel Laut (P) Hendricus Prihantoko, Danlanud I Gusti Ngurah Rai Kolonel Pnb Wibowo Cahyono Soekadi, Kepala/Direktur/GM/CEO dari unsur Maritim, Camat Denpasar, Kelia Dinas Banjar Pesanggaran dan Ambengan serta siswa siswi SMA.

Previous Polres Berikan Bantuan Kepada Atlet Kodim 1626 Bangli Serka Dewa Astawa
Next Kapolsek Kuta Utara Beserta Jajaran Melayat Ke rumah Rumah Duka

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *