Kapolres Bangli Hadiri Karye Tawur Agung Giri Kertih di Pura Puncak Hyang Ukir


Bangli, -suryadewata.com

Minggu (02/02) di Pura Puncak Hyang Ukir telah berlangsung kegiatan Bhakti Pakelem, Bhakti Piuning lan Pecaruan Mancawarna dalam Rangka Karya Tawur Agung Giri Kertih lan Pangusabaan Ida Bhatara Turun Kabeh.

Pada Kesempatan Kegiatan Tersebut Bapak Kapolres Bangli AKBP. I Gusti Agung Dhana Aryawan,S.I.K, M.I.K hadir sebagai Undangan Upasaksi kegiatan Bhakti Pakelem, Bhakti Piuning lan Pecaruan Mancawarna dalam Rangka Karya Tawur Agung Giri Kertih lan Pangusabaan Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Pucak Hyang Ukir Bangli.

Hadir Dalam kegiatan tersebut Bupati Bangli I Made Gianyar SH.M.Hum, Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta S.E, Ketua DPRD I Wayan Diar,SST.Par, Sekda Kab.Bangli Ir.IB Gede Giri Putra M.M, Ketua PHDI Drs I Nyoman Sukra, Kepala OPD lingkungan Pemda Bangli dan Para Manggala karya serta Para Pengemong Pura Pucak Hyang Ukir yang keseluruhan berjumlah 1.000 (Seribu) orang.

Untuk diketahui kegiatan karya Tawur Agung Giri Kertih lan Pangusabaan Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Pucak Hyang Ukir Bangli ini akan berlangsung dari tanggal 08 sampai dengan 14 Pebruari 2020, kegiatan puncak karya ini akan dipuput oleh 4 (empat Sulinggih) yaitu Pedanda Putra Bajing, Ida Pedanda Wayahan Mbun, Idan Pedanda Bhuda Alang Kajeng Nongan dan Ida Resi Bujangga Angkling.

Ditemui di lokasi karya Jero Mangku Nyarikan selaku Sekretaris Dangka Pura Kehen Bangli yang didampingi oleh Panitia Karya Anak Agung Gede Artanendra menyampaikan bahwa. “ Kegiatan karya Tawur Agung Giri Kertih lan Pangusabaan Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Pucak Hyang Ukir ini bertujuan untuk melestarikan alam beserta Isinya dalam Filosopinya Kertih sebagai Gunung yang merupakan Puncak tersuci dari yang kita sembah didalam Agama Hindu, “ Jelas Jero Mangku Nyarikan.

Jadi dengan Upacara Karya Giri Kertin ini diharapkan kita memelihara, melestarikan keberadaan gunung dan Bukit-bukit yang ada, Karya yang berlangsung di Pura Puncak hyang Ukir ini merupakan Pokok dari kegiatan Upacara lainnya, harapan dari terlaksananya karya ini warga yang ada didunia ini mendapatkan limpahan keselamatan dari Ida Sang Hyang Widi Wasa yang memberikan Kesejahteraan bagi semua mahluk Hidup, “ Tutupnya.

Giat diawali dengan Upacara Pecaruan Mancawarna di Jaba Pura Pucak Hyang Ukir, kemudian dilanjutkan dengan Persembahyangan bersama oleh para undangan yang di pimpin/dipuput oleh Jero Gede Kehen Bangli.

Dihubungi dilokasi Bapak Kapolres Bangli AKBP. I Gusti Agung Dhana Aryawan,S.I.K, M.I.K Mengatakan bahwa. “ Saya Merasa Bersyukur bisa hadir dalam kegiatan Karya Giri Kertih merupakan kegiatan dilaksanakan 15 (lima Belas) tahun sekali, semoga seluruh Kegiatan karya ini dapat berlangsung dengan lancar dan aman,” Kata Kapolres.

“ Saya sudah Agendakan dan Perintahkan Personel untuk lakukan Pengamanan kegiatan ini dengan Maksimal sehingga semua prosesi kegiatan karya dapat berjalan dengan Aman dan Kondusif, “ Tegasnya.

Previous Longsor Jalan Bubungan Desa Pangsan, Tertutup Tanah
Next Bersepada Sambil Menikmati Alam Cara Sehat Ala Kapolres Badung

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *