Antisipasi Banjir, Personel Polres Bersama Kodim 1626 Bangli dan Masyarakat Bersihkan Subak Lagaan Bebalang


Bangli , suryadewata.com

Musim Penghujan yang cukup ekstrem akhir-akhir ini sering membawa Banjir ataupun tanah longsor di wilayah Kabupaten Bangli. Mengingat penyebab banjir di Bangli diduga adanya pendangkalan sungai ataupun saluran irigasi atau Subak.

Menyikapi beberapa keluhan petani terhadap dangkalnya saluran irigasi yang tertutup tanah dan lumpur sehingga air sering meluap disekitar Bebalang Bangli, maka personel Polsek Bangli yang dipimpin langsung Wakapolsek Akp I Ketut Purnawan, S.H, M.H, bersinergi dengan personel Kodim 1626 dipimpin oleh Pjs Danramil 01/1626 Bangli, melakukan gotong royong bersama masyarakat Subak Lagaan Banjar Tegal Bebalang Bangli membersihkan saluran irigasi/ mengangkat sedimen endapan lumpur di saluran tersebut.

Kegiatan gotong royong yang dilakukan di Saluran Irigasi lahan pertanian Subak Lagaan yang berada di pinggir jalan banjar Tegal dihadiri Personel Kodim 1626 Bangli dipimpin Pasiter Kapten Chb I Komang Gita beserta anggota 40 orang Koramil 1626-01 Bangli dipimpin Pjs Danramil Kapten Cpl I Wayan Widana, Polsek Bangli Polres Bangli dipimpin Waka Polsek Bangli Akp I Ketut Purnawan, S.H, M.H. beserta 13 anggota, Lurah Bebalang I Gusti Ngurah Alit, S.Sos, Kepala lingkungan Tegal I Made Karjana, Kelian Adat Tegal I Nyoman Parsua beserta jajaran Peduluan, Kelian Subak I Wayan Sarwa Utama, Kelian Pacalang I Gusti Putu Sukar beserta anggota Pacalang sebanyak 28 orang dan Masyarakat seputaran irigasi 30 orang.

Dalam kesempatan tersebut Lurah Bebalang I Gusti Ngurah Alit, S.Sos, menyampaikan ucapakan terimaksih kepada pihak terkait lebih khusus jajaran Kepolisian Bangli dan Kodim Bangli yang telah ikut kegiatan gotong royong untuk membantu petani.

“Terimakasih atas bantuan semua pihak sehingga apa yang menjadi keluhan petani selama ini dapat teratasi. Kami juga berharap kegiatan semacam ini dapat dilakukan secara berkala sehingga bisa memotivasi masyarakat yang lain untuk ikut bergotong royong,”harapnya.

Sementara itu Wakapolsek Bangli Akp I Ketut Purnawan, S.H, M.H, yang ditemui di lokasi mengatakan, kegiatan gotong royong dilakukan untuk membantu masyarakat petani untuk mengatasi dangkalnya saluran irigasi yang tertutup lumpur dan tanah sehingga tidak banjir lagi dan saluran irigasi jadi lancar.

“Astungkara kegiatan berjalan lancar, semua yang hadir ikut terlibat bergotong royong dan bahu membahu membersihkan saluran irigasi sehingga menjadi lancar,”ucapnya.

“Setelah dilakukan gotong royong, kini lahan pertanian yang dangkal dan tersumbat sudah dapat digunakan kembali oleh petani untuk mengairi lahan mereka dan air tidak meluap ke Jalan lagi,”pungkasnya.

Kapolsek Bangli Kompol I Nengah Rata saat dikonfirmasi di tempat terpisah mengatakan, kegiatan ini untuk memperkuat Sinergitas TNI-Polri bersama masyarakat dan semoga apa yang kami lakukan bisa bermanfaat untuk masyarakat khususnya bagi petani.

Previous Penyemprotan Desinfectan Di Mako dan Pelayanan Publik Polres Karangasem Antisipasi Penyebaran Virus Corona
Next Grand Opening Mie Kober Dewi Sri Dengan Fasilitas FIV Room Sajikan Makanan Berualitas Dengan Harga Murah

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *