Kotoran Anjing Mengusik Kesucian Pura Perancak dan Mencemari Kawasan Pantai Berawe


Badung, suryadewata.com

Pantai Berawe yang kini menjadi daerah kunjungan wisata terkenal dimata dunia terletak di Desa Tibubeneng setelah pemekaran terpisah dengan desa Canggu selalu berbenah untuk menarik kunjungan wisata kini dicemari oleh kotoran anjing. Hal tersebut diungkapkan Bendesa Adat Berawe Ketut Riana di rumah kediamamya, Selasa 15/09/2020

Ketut Riana yang akrab disapa Pak Rai mengatakan kami selaku pengayah desa adat bekerjasama dengan prajuru pura dan pihak desa Tibubeneng , Kecamatan dan Kadisparda Bading dengan tujuan menjaga kebersihan dan kenyamanan kawasan suci Pura Perancak karena setiap harinya pengunjung yang datang sangat mengeluhkan kotoran anjing bahkan berjalanpun harus hati-hati jangan sampai menginjak kotoran anjing.

” Bukan anjing saja yang akan kami stop termasuk juga oedagang yang ada diareal pura suci Perancak dan kawasan pantai Berawe akan kami tata ” terangnya

Masalah anjing yang lepas atau liar akan kami antisipasi sedang penginjung yang membawa anjing yang jelas mengotori akan kami stop tujuanya untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pengunjung pantai Berawe dan kawasan suci areal Pura.Perancak.

Kami himbau masyararakat yang berkunjung untuk tidak membawa anjing.kekawasan Pura Suci Pura Perancak dan pantai Berawe.serta obuek lainya yang banyak pengunjung.

Adapun kepada pihak Yayasan terutama Yayasan Bawa mohon tidak lagi memberikan makan kepada anjing-anjing liar karena anjing lain akan semakin banhak datang yang membuat ketidaknyamanan pengunjung domestik maupun mancanegara. Karena sebelumnya juga ada kejadian salah satu warga pernah digigit anjing diareal tersebut.

Kami akan duduk bersama dengan pihak terkait membahas serta mengantisipasi masalah anjing yang kini membuat masalah mengotori lingkungan. Kotoran anjing sangat beroengaruh terhadap kunjungan wisata terutama dihari-hari libur dimasa pandemi Covid-19.

Dari survey dengan pihak perbekel yang sudah difinitip dan ketua prajuru Pura Perancak disitu kami melihat kotoran anjing penuh dimana-mana jadi hati-hati melangkah karena setiap jengkal ada kotoran anjing.

Kami berharap kepada semua stikholder yang ada bersama-sama mencari solusi menjaga kebersihan , kenyamanan , ketertiban diareal Pura Suci Perancak termasuk kawasan pantai Berawe sehingga pengunjung merasa tenang dan nyaman. Apalagi saat pandemi ini kita selalu dituntut bersih.

Kepada instansi terkait kami memohon bantuanya dalam bentuk apapun agar program ini bisa berjalan dan tidak menimbulkan kecemburuan sosial atauoun gesekan.

“Kami bertujuan positif untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan dan kedatangan pengunjung.kekawasan wisata disini ” tegas Ketut Riana

 

Previous Kapolsek Banjar Turun Langsung Tertibkan Tajen.di Banyuatis
Next Dandim Jembrana Cek Penerapan Protokol Kesehatan Di Tempat Ibadah

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *