Paslon Bupati dan Wakil Paket Suta-Bagus Tingkatkan SDM Menuju Bangli Unggul dan Sejahtera


Bangli, suryadewata.com

Paslon Bupati I Made Subrata dan Wakil Bupati Ngakan Made Kutha Parwata di Bangli yang lebih dikenal dengan paket Suta-Bagus pada masa kampanye yang dimulai sejak tanggal 26 September sudah berjalan satu bulan.

“Visi misi kami sangat jelas. Ada 8 program untuk masyarakat dan program ini merupakan masukan dari beberapa penggiat pariwisata dan petani. Disitu jelas diawal program Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Bangli perlu dibangun lagi,” jelas Ngakan Made Kutha Parwata mengawali perbincangan dengan media ini di kediamannya di Desa Bambang, Tembuku, Senin (26/10).

Sesuai Visi arus “Mewujudkan Bangli yang Unggul dan Sejahtera melalui tata kelola pemerintahan yang profesional, transparan, Akuntabel, berwawasan Wirausaha, adat berlandaskan, budaya dan Tri Hita Karana”.

Ada 8 Misi yang diemban tercakup dalam “Asta Wakra Suta-Bagus” yang semuanya ini akan bermuara pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Kabupaten Bangli agar berdaya saing yang tinggi menuju Bangli yang maju dan sejahtera.

“Dan Pemerintah Daerah selaku pelayan maupun fasilitator yang merupakan stimulan dari seluruh kebutuhan masyarakat. Karena itu, jika masyarakat Bali memberi kesempatan bagi Suta-Bagus untuk memimpin maka pemerintahan kedepan diawali dari pembenahan SDM. Termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang nantinya akan memberikan pelayanan yang prima. Sedangkan sektor pertanian yang merupakan penggerak utama ekonomi kerakyatan di Kabupaten Bangli selama ini terus mendapat perhatian kedepan dalam pemerintahannya. Karena melalui pertanian, masyarakat Bangli pada saat dunia alami krisis ekonomi akibat pandemi Corona tidak terlalu terpengaruh ekonomi dan kehidupannya saat ini. Demikian pula sektor pariwisata akan dikelola dengan baik agar kegiatan kepariwisataan ini dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bangli. Tentu untuk mencapai ini kami menggandeng penggiat pariwisata baik lokal maupun nasional,” jelasnya.

“Dan, setelah pembenahan SDM barulah ke Bangunan Fisik di daerah yang selama ini sudah bagus dijalankan oleh Bupati Made Gianyar sekarang dengan #tagline-nya: “Membangun Bangli dari Desa,” kami lihat pembagunan Kota agak terlantar termasuk kantor-kantor pemerintahan sebagai tempat pelayanan publik masyarakat di Kabupaten Bangli. Maka dari itu kami munculkan #tagline baru: “Menata Kota Membangun Desa”. Ini yang menjadi acuan kami dalam menjalankan pemerintahan kedepan,” papar Ngakan Kuta Parwata.

Dengan pola “Menata Kota Membangun Desa diharapkan ada keseimbangan antara pembangunan perkotaan dan desa serta tidak ada kesenjangan antarkeduanya. Sementara terkait pembenahan SDM aparatur sipil negara (ASN), mudah-mudahan dari pembenahan SDM ini akan membuat pelayanan Pemerintah Daerah kepada masyarakat lebih optimal.

Ditambahkan, perlu diketahui bersama Pemerintah Daerah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena undang-undang mengatur seperti itu dimana sifatnya dinamis ada yang sejahtera, pra sejahtera dan ada pula yang miskin.

Mengatasi kemiskinan memang sulit dicapai tetapi minimal bisa mengurangi masyarakat miskin ini yang harus dilakukan secara berkelanjutan. Sementara masyarakat sendiri juga yang harus berbenah. Tidak mungkin masyarakat maju bila pemerintahnya saja yang bergerak. Harus balance keduanya. Dimana pemerintah sebagai katalisator dan vasilitator, sedangkan masyarakat menyambut itu dengan antusias untuk berubah ke kondisi kehidupan yang lebih baik

Pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) kali ini akan berlangsung ditengah kondisi wabah Virus Corona yang belum nampak akan berakhir. Maka pemerintahan baru hasil Pilkada dibayang-bayangi krisis akibat wabah sejagad ini. Tentu ucapan perkara mudah untuk memulainya.

Terkait soal ini, Ngakan Kuta Parwata mengungkapkan, “jika terpilih dengan kondisi wabah Covid-19, maka sesuai anjuran pemerintah mentaati kesehatan protokol dan tata laksana kehidupan kesehatan masyarakat yang dihimbau pemerintah itu harus dijalankan bersama. Karena tidak seorangpun yang bisa mengukur kapan kira-kita Wabah Covid-19 akan berakhir mudah-mudahan cepat berakhir, “jelasnya

 

Previous Puluhan Personil Polres Badung Amankan Kampanye Paslon Giriasa
Next Wakapolres Bangli Hadiri Pelantikan Ketua DPRD Bangli

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *