BCS Program Olah Minyak Jelantah Gandeng Akademisi Fakultas Teknologi Pertanian Unud

Surya Dewata – Banjar Creative Space (BCS) merupakan program dari Bali Initiative Hub (BITHUB) bersama Kementrian BUMN yang didanai oleh CSR TJSL Pertamina. BCS ini merupakan program yang fokus dengan pengembangan kreatifitas dan pemberdayaan masyarakat melalui banjar-banjar yang ada di Bali. Terdapat belasan Banjar di seluruh Bali yang memperoleh program BCS ini.
 
Salah satu kegiatan dalam program ini adalah pengembangan produk yaitu mengolah minyak jelantah menjadi produk lilin aromaterapi dan sabun padat. Dalam hal ini BITHUB menggandeng akademisi Fakultas Teknologi Pertanian Unud yaitu Dr. Dewa Ayu Anom Yuarini, S.TP., M.Agb sebagai trainer untuk  seluruh Banjar yang memperoleh program BCS ini. Dosen dengan riset disertasi minyak jelantah ini mengupas cara memurnikan minyak jelantah dan dilanjutkan dengan proses produksi lilin aromaterapi dan  sabun padat.
 
Pelatihan pembuatan lilin aroma terapi dan sabun padat dari minyak jelantah oleh Dr. Dewa Ayu Anom Yuarini, S.TP., M.Agb (Dokumentasi Pribadi)

Disini juga diberikan edukasi tentang cara penggunaan minyak goreng yang benar yaitu maksimal 3 kali penggorengan. Karena alasan berhemat banyak masyarakat yang mengoplos sendiri minyak gorengnya, yaitu dengan menampung minyak sisa menggoreng dan akan dipakai berulang pada penggorengan berikutnya dengan menambahkan minyak baru.

Tentu kebiasaan ini tidak bagus untuk kesehatan jangka panjang dari masyarakat, karena minyak jelantah mengandung radikal bebas yang bersifat karsinogenik. Mengkonsumsi minyak jelantah dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, kolesterol, kanker dan obesitas.
 
Ditegaskan bahwa pemurnian minyak jelantah disini bukan untuk konsumsi lagi namun digunakan untuk produksi produk non pangan. Banyak inovasi produk yang bisa dibuat dengan bahan dasar minyak jelantah seperti lilin, sabun padat, sabun cair, pembersih lantai, dan biodiesel.

Kegiatan ini dimulai dari Banjar Taman Kelod, Ubud yaitu pada Minggu 27 Februari 2022, dan berlanjut ke banjar-banjar berikutnya di seluruh Bali dalam rangakaian kegiatan “Banjar Creative Space” yang diinisiasi oleh BITHUB, Kementrian BUMN dan didanai oleh CSR TSJL Pertamina.
https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas650-Doktor-Minyak-Jelantah-FTP-Unud-Digandeng-BITHUB-Dalam-Pelatihan-Pengolahan-Minyak-Jelantah-Menjadi-Sabun-dan-Lilin-Dalam-Program-Banjar-Creative-Space-.html

Related Posts

Leave a Reply