CTC Sukses Gelar Funbike dan Cross Country untuk Ketiga Kalinya

Bupati Gianyar Made Mahayastra sebelum melepas peserta funbike

SuryaDewata – Gianyar, Komunitas sepeda ternama di Gianyar, Cycling Tunon Community (CTC), kembali getarkan Ubud melalui acara Funbike, Minggu (12/6). Perhelatan gowes hari ini merupakan yang ke tiga kalinya setelah sebelumnya digelar pada 2015 dan 2019 silam.

Funbike dibuka langsung oleh Bupati Gianyar, I Made Mahayastra, SST., yang sekaligus mengibarkan bendera start di depan Pura Desa Pakraman Banjar Tunon, Ubud, Gianyar.

Rute kali ini dibagi menjadi tiga, yakni rute Funbike yang paling pendek; rute Cross Country (XC) melalui jalan kombinasi aspal dan off road; dan rute road bike yang murni melalui jalan raya seputaran Ubud.

Meski digelar sesaat setelah pandemi berakhir, namun antusias masyarakat masih cukup tinggi. “Peserta kali ini mendekati seribu orang,” pungkas Ketut Suantika selaku ketua panitia acara.

Beliau bersyukur karena acara hari ini berjalan cukup lancar setelah sempat turun hujan saat subuh. Salah seorang warga lokal, Wayan Novia, mengungkapkan jika peserta event sebelumnya hampir dua kali lipat. Disinyalir cuaca saat subuh tadi membuat banyak peserta yang batal.

Ketua panitia Ketut Suantika

Ketut mengakui jika kelancaran acara tidak lepas dari dukungan semua unsur masyarakat. “Kita libatkan seluruh desa Pakraman serta Sekaa Teruna Teruni (STT) Cipta Kembang. Disamping itu kita juga melibatkan pecalang desa adat dan pecalang Pura Bun. Mereka semua merupakan relawan,” tambah Ketut penuh semangat.

Sebelum semua peserta mencapai garis finish, DJ Ona Nara beraksi di atas panggung dengan pilihan musik andalannya. Terlihat antusiasme peserta sangat tinggi sepanjang acara yang dipandu oleh MC kawakan, Kapiyot dan Gek Dyah.  Acara diselingi dengan pembagian door prize yang meliputi topi, payung, kipas angin dan kompor gas. TV dengan ukuran 32 inch dan sepeda gunung menjadi hadiah utama yang dibagiakan di penghujung acara.

Peserta funbike mendekati seribu orang

Seluruh hadiah merupakan persembahan dari sponsor. Yamaha Waja Motor berperan sebagai sponsor utama, diikuti beberapa sponsor lainnya, yakni Bir Bintang, Kucher, Padewareg Eco Park, BDX Dekorasi,  dan Suma Bike.

Ketika ditanya soal punia (sumbangan) dari Bupati, beliau mengatakan tidak bisa menerima sumbangan untuk acara ini. “Punia dari Pak Bupati akan dihibahkan untuk Karya nanti (acara di Pura, red),” paparnya.

Ketut berharap semua peserta terhibur dan mengapresiasi seluruh rekanan yang telah berkontribusi. “Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh sponsor dan panitia yang sudah mendukung perhelatan ini,” tutup Ketut Suantika.[SWN]

Related Posts